Selasa, 27 Desember 2016

Efek Samping Dari Bermain Sosial Media

Contoh sosial media saat ini (Gambar by kerjayuk.com)
IndoNewz.com - Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kemajuan teknologi informasi saat ini banyak memudahkan masyarakat dalam menjalani aktivitasnya. Dalam hal ini kegiatan berkomunikasi dengan keluarga dan bersosialisasi dengan teman bisa dilakukan dengan mudah walau berjauhan lokasinya. Dulu orang menggunakan surat untuk berkirim pesan, lalu beralih menggunakan pager sampai yang terbaru menggunakan telepon hinggan handphone.

Kini dengan perkembangan digital yang sudah semakin maju, orang berkomunikasi dan bersosialisasi dengan menggunakan sosial media. Dengan menggunakan sosial media, masyarakat bukan hanya bisa saling berhubungan jarak jauh, tapi juga saling berbagi informasi. Karena manfaatnya yang cukup besar,  tidak sedikit orang yang memiliki banyak akun media sosial dalam kehidupan sehari-harinya.

Tapi ternyata menurut penelitian, memiliki banyak akun sosial media juga berdampak buruk untuk kehidupan. Adapun efek negatif yang ditimbulkan dari memiliki banyak akun sosial media adalah sebagai berikut :

1. Memicu depresi
Hasil penelitian menunjukkan mereka yang memiliki atau menggunakan 7 atau lebih akun sosial media, memiliki resiko gangguan kecemasan dan gejala depresi tiga kali lipat dibanding mereka yang memiliki dua akun sosial media atau yang tidak bermain sosial media.

2. Menurunkan konsentrasi
Menggunakan sosial media secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama dapat membuat Anda sulit berkonsentrasi.

3. Menurunkan kepercayaan diri
Sering mengakses sosial media untuk waktu yang lama dapat beresiko membuat kepercayaan diri menurun. Gambar dan juga foto yang di tampilkan dalam sosial media dapat menimbulkan rasa iri hati dan membuat diri menjadi tidak nyaman. Akibatnya mereka lebih senang berinterkasi lewat sosial media ketimbang berinteraksi secara langsung.

4. Meracuni mental
Status ataupun informasi yang bersifat negatif, seperti ejekan, rasis, sara, hoax, dan lain sebagainya ternyata mampu meracuni mental seseorang. Bila status negatif terus mendominasi sosial media, tidak menutup kemungkinan akan merubah pola pikir dan emosi seseorang ke arah yang negatif.

5. Menumbuhkan sifat pamer dan narsisme
Membuat postingan yang memperlihatkan kehidupan pribadi maupun barang-barang pribadi tidaklah salah. Ini karena gaya hidup saat ini sudah bersifat konsumerisme dan setiap orang serasa harus tahu segala hal tentang diri kita. Para pengikut dituntut harus tahu mengenai kegiatan yang dilakukan sejak bangun tidur sampai tidur kembali.

6. Membuat sulit tidur
Terlalu aktif dalam menggunakan sosial media dapat menurunkan kualitas tidur kita. Jam tidur yang harusnya digunakan untuk tidur beralih menjadi bermain sosial media. Akibatnya tubuh menjadi tidak segar untuk menjalani aktifitas esok hari dan jika ini terus berlanjut, kita akan menderita insomnia.

7. Pola makan tidak teratur
Menggunakan sosial media secara berlebihan juga membuat pola makan tidak teratur. Seringnya kita untuk ngemil dan jarang berolahraga akan menyebabkan berat badan menjadi naik dan mengakibatkan sejumlah penyakit akan datang, seperti gangguan pencernaan, obesitas, dan lainnya.

Bermain sosial media memang baik karena memiliki manfaat dalam hubungan dengan teman-teman. Tapi penggunaan sosial media juga harus bijak agar hidup menjadi bahagia.

Source : kompas.com

Tag : penggunaan sosial media berlebihan, efek negatif sosial media, akibat terlalu sering bermain sosial media., indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019