Kamis, 15 Desember 2016

Peringatan Hari Infantri Setiap Tanggal 15 Desember

Monumen Palagan Ambarawa (Foto by seputarsemarang.com)
IndoNewz.com - Jika kita berbicara mengenai tanggal 15 Desember, mungkin masih banyak yang belum mengetahui peristiwa apa yang diperingati setiap tanggal tersebut. Tahukah kamu kalau setiap tanggal 15 Desember, Pemerintah Indonesia khususnya TNI memperingati Hari Infantri.

Latar belakang 15 Desember diperingati sebagai Hari Infantri adalah untuk mengenang Pertempuran Ambarawa yang berlangsung pada tanggal 12 - 15 Desember 1945. Pada masa itu, dibawah kepemimpinan Jenderal Soedirman, pasukan Indonesia berhasil mengusir pasukan sekutu dari Jawa Tengah.

Pasukan sekutu menilai Ambarawa sangat cocok untuk dijadikan sebagai pangkalan militer karena letaknya yang strategis dan memiliki barak militer dan fasilitas pelatihan yang sudah lengkap pada masa itu. Selain itu, Ambarawa merupakan basis kekuatan Jawa Tengah untuk merebut NKRI.

Dengan bermodalkan senjata tradisional dan semboyan "rawe-rawe rantas, malang-malang putung", para pejuang tidak takut menghadapi pasukan sekutu dengan persenjataan modernnya. Melalu strategi perang gerilya, Jenderal Soedirman dan para pejuang berhasil mengusir sekutu dari Ambarawa pada tanggal 15 Desember 1945.

Peristiwa yang dikenal dengan Palagan Ambarawa itu, mengajarkan semangat juang tanpa pamrih, sikap mental pantang menyerah, ulet, rendah hati, keberanian dan perilaku disiplin yang harus diteladani dan ditumbuh kembangkan dalam setiap diri prajurit infantri. Karena itulah setiap tanggal 15 Desember diperingati sebagai Hari Infantri.

Source : tribunnews.com

Tag : 15 desember, hari infantri, peristiwa ambarawa, palagan ambarawa, jenderal soedirman, pasukan sekutu, jawa tengah, nkri, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019