Kamis, 12 Januari 2017

Cara Cerdas dan Hemat Mengatur Belanja Bulanan

Pentingnya membuat daftar belanja sebelum belanja (Gambar by bitobe.net)
IndoNewz.com - Harga-harga kebutuhan pokok mulai naik, biaya listrik naik, biaya BBM naik, belum lagi biaya kebutuhan rumah tangga dan biaya sekolah anak seharinya. Semua itu akan membuat pusing dan mengakibatkan keuangan menjadi defisit bila tidak pandai-pandai dalam mengaturnya. Terlebih lagi bila pendapatan suami termasuk fixed income atau gaji bulanan dan tidak memiliki tabungan.

Seorang ibu rumah tangga yang kebetulan memang tidak bekerja, harus bisa menjadi 'manajer' keuangan yang baik dalam rumah tangganya. Ibu rumah tangga dituntut untuk bisa mengatur, menyiasati, dan kreatif dalam membelanjakan uang bulanan dari suami. Jangan sampai sebelum suami mendapat gaji, uang bulanan sudah habis terpakai.

Jika sudah seperti itu, berhutang menjadi solusi yang dianggap tepat. Tapi jika dipahami, berhutang tidak akan membuat keuangan rumah tangga menjadi sehat. Berhutang hanya akan menjadi beban jika dilakukan terus menerus. Mungkin terdengar sepele, "toh nanti pas suami gajian, kan dibayar hutangnya". Namun jika berhutang menjadi sebuah kebiasaan, hal itu akan sulit untuk dihilangkan.

Nah supaya rumah tangga tidak sampai berhutang, maka ibu rumah tangga harus memiliki siasat dan strategi dalam menyelamatkan uang belanja bulanan dari hutang. Bagaimana caranya? Mungkin tips cerdas dan hemat berikut bisa dicoba :

1. Buat pos-pos pengeluaran
Maksudnya adalah saat suami memberikan gaji bulanannya, gaji tersebut jangan langsung digunakan. Tapi terlebih dahulu adalah dengan membuat pos-pos pengeluaran bulanan. Ambil beberapa amplop, beri nama amplop-amplop itu sesuai dengan pos-pos pengeluaran bulanan.

2. Buat daftar belanja bulanan, mingguan, dan harian
Ini penting dilakukan untuk meminimalisir pembelian barang yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Pastikan barang yang akan dibeli memang terdaftar dalam daftar belanja, baik yang bulanan, mingguan, dan harian.

3. Jangan membawa uang terlalu banyak saat belanja
Hindari berbelanja dengan membawa uang yang terlalu banyak. Hal ini untuk menghindari pengeluaran uang untuk membeli barang yang tidak sesuai dengan daftar belanja.

4. Jangan terlalu lama dalam berbelanja
Selain menghindari membawa uang yang terlalu banyak, Anda juga harus menghindari berbelanja dalam waktu yang lama. Ketika Anda masuk ke tempat perbelanjaan, pastikan Anda melangkah menuju ke tempat barang yang ada dalam daftar belanja. Setelahnya Anda langsung menuju kasir dan kembali ke rumah. Hal ini bertujuan untuk menghindari godaan yang datang bila terlalu lama dalam berbelanja.

5. Cari Diskon
Bisa membeli barang yang sedang diskon merupakan kesenangan tersendiri untuk para ibu rumah tangga. Namun perlu diperhatikan juga, jangan sampai membeli barang diskon, tapi kurang bermanfaat. Hal ini hanya akan menjadi pemborosan dan tidak sesuai dengan daftar belanjaan yang sudah dibuat.


6. Buat perbandingan harga
Jangan malu untuk membandingkan harga untuk produk yang sama. Bila ada harga yang lebih murah, kenapa harus membayar mahal untuk produk yang kualitasnya sama bagusya. 

7. Beli barang bekas layak pakai
Jangan gengsi bila membeli barang bekas, namun masih layak untuk digunakan. Dengan sedikt kreatifitas, barang bekas bisa disulap layaknya barang baru.

8. Catat setiap pengeluaran
Hal ini penting untuk dilakukan agar segala pengeluaran bisa dikontrol. Selain itu, catatan pengeluaran itu juga akan menjadi pedoman dalam menyusun daftar belanja bulanan untuk bulan depan.

9. Siapkan diri untuk menabung
Bisa menyisihkan uang bulanan untuk ditabung adalah hal yang harus dilakukan. Tidak perlu dipikirkan besar kecil uang yang harus ditabung. Caranya pun cukup mudah, siapkan kaleng atau kotak bekas sebagai tempat untuk menabung. Uang sisa belanja bulanan, mingguan, atau harian bisa dimasukkan ke dalam tabungan.

10. Ajarkan suami dan anak untuk hidup hemat
Percuma saja bila hanya ibu yang melakukan sikap hemat dalam pengeluaran bulanan. Suami dan anak juga harus melakukan hal yang sama supaya terjadi keharmonisan dan catatan pengeluaran pun bisa terkontrol dengan baik. Selain itu, ini juga baik untuk mengajarkan anak gemar untuk menabung dan tidak boros.

Sumber : redaksi IndoNewz.com

Tag : cara mengatur belanja bulanan, cara bijak mengatur belanja bulanan, cara pintar mengatur belanja bulanan, cara hemat belanja bulanan, cara buat daftar belanja bulanan, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019