Jumat, 27 Januari 2017

Terkait Mahasiswanya Yang Tewas, Rektor UII Sampaikan Pengunduran Diri

Capture twitter Mapala Unisi (Gambar by jogja.tribunnews.com)
IndoNewz.com - Tewasnya tiga orang mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) yang mengikuti kegiatan rekrutmen Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Unisi UII pada tanggal 13 - 20 Januari 2017 meninggalkan luka yang mendalam, bukan hanya kepada keluarga korban tetapi juga pendidikan di Indonesia.

Diketahui sebanyak 37 mahasiswa mengikuti pelatihan dasar Mapala Unisi di Lereng Gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah. Tiga orang mahasiswa dinyatakan meninggal dunia, di duga karena mengalami tindak kekerasan dari seniornya. Tiga orang mahasiswa yang meninggal diketahui identitasnya, yaitu Syaits Asyam mahasiswa Teknik Industri, Muhammad Fadhli mahasiswa Teknik Elektro, dan Ilham Nurpadmy Listia Adi mahasiswa Fakultas Hukum.

Terkait dengan meninggalnya tiga orang mahasiswa itu, Harsoyo selaku Rektor Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta mengundurkan diri. Langkah tersebut diambil sebagai bentuk tanggung jawab moral atas kasus yang terjadi. Dirinya juga meminta permohonan maaf kepada orang tua mahasiswa yang anaknya menjadi korban dan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Setelah mengajukan pengunduran diri sebagai rektor, Harsoyo tidak akan lepas tanggung jawab mengenai kasus tersebut. Dirinya berjanji akan bertanggung jawab untuk mengawal proses hukum yang sedang berlangsung hingga selesai.

Sebelumnya Harsoyo sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan para pengurus dan yayasan mengenai pengunduran dirinya. Ia juga telah menyiapkan surat pengunduran dirinya beberapa hari yang lalu. Keputusan pengunduran dirinya disampaikan di depan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Muhammad Nasir saat melakukan jumpa pers hari Kamis, 26 Januari 2017 kemarin.

Sumber : tempo.co

Tag : universitas islam indonesia, mapala unisi, mahasiswa uii tewas, rektor uii mengundurkan diri, harsoyo rektor uii, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019