Jumat, 06 Januari 2017

Cara Mengurangi Cengeng Pada Anak

Orang tua harus mencari tahu penyebab anak menjadi cengeng (buahhati.co.id)
IndoNewz.com - Menangis merupakan cara seorang anak untuk berkomunikasi dengan orang tuanya atau orang lain. Menangis adalah hal yang wajar bagi anak-anak terlebih ketika anak memang belum bisa untuk berbicara. Namun apa jadinya bila si anak menjadi anak yang mudah untuk menangis? Bahkan hal kecil sekalipun bisa membuatnya untuk menangis. Bila hal ini dibiarkan seiring pertumbuhannya, dikhawatirkan anak akan menjadi anak yang cengeng dan kurang percaya diri.

Buat orang tua, ketahui terlebih dahulu apa penyebab si anak menjadi cengeng. Biasanya anak menangis karena kesulitan untuk mengungkapkan apa yang di inginkannya. Membantu anak untuk bisa mengungkapkan keinginannya melalui ucapan adalah salah satu cara mengurangi tangisan anak. 

Berikut adalah cara yang dapat dicoba oleh para orang tua untuk bisa mengurangi cengeng pada anak :

1. Jangan memarahi atau memukul anak
Saat anak menangis, usahakan jangan memarahi apalagi sampai memukul fisik anak. Hal ini tidak akan membuat anak untuk berhenti menangis, sebaliknya tangisan anak akan bertambah besar. Bila anak bertambah besar, dikhawatirkan anak akan mengikuti apa yang sudah dilakukan oleh orang tuanya, yakni menjadi pribadi yang kasar. 
 
2. Ajari anak cara berkomunikasi yang benar
Bila anak kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang tua, biasanya mereka akan menangis. Sebab bagi mereka, menangis adalah cara yang normal supaya bisa berkomunikasi dengan orang tua. Dengan menangis mereka bisa mengungkapkan apa yang menjadi keinginannya. Orang tua harus dengan sabar mengajarkan anak untuk berkomunikasi. Orang tua juga harus bisa memberikan penjelasan bahwa menangis bukanlah cara yang baik untuk berkomunikasi.
 
3. Jangan terlalu memanjakan anak
Memanjakan anak adalah hal normal yang dilakukan oleh orang tua kepada anak. Tapi bila terlalu berlebihan dalam memanjakan anak, dikhawatirkan anak akan menjadikan tangisan sebagai 'senjata' supaya keinginannya bisa terpenuhi.
 
4.Jangan terlalu protective kepada anak
Melindungi anak dari berbagai macam ancaman atau gangguan memang sudah menjadi naluri bagi setiap orang tua. Tapi jangan memperlakukan anak dengan sikap yang 'over protective'. Hal ini bisa membuat perkembangan anak dan pola berpikirnya akan melambat. Anak akan sulit untuk beradaptasi dengan lingkungannya.

5. Bangun kedekatan emosi orang tua dan anak
Kedekatan emosi orang tua dengan anak penting untuk dilakukan. Dengan kedekatan emosi, anak akan merasa memiliki perlindungan sehingga rasa percaya dirinya bisa tumbuh. Selain itu, anak juga akan menjadi pribadi yang memiliki kemandirian yang bagus. Kedekatan emosi orang tua dan anak juga akan menghindarkan anak dari pengaruh negatif lingkungan.

Source : tipsanakbayi.com

Tag : anak cengeng, penyebab anak cengeng, dampak anak cengeng, cara mengurangi tangisan anak, cara menghentikan cengeng pada anak, cara membuat anak tidak cengeng lagi, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019