Senin, 23 Januari 2017

Insomnia Suka Mengganggu? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Insomnia akan mengganggu kualitas tidur (Foto by arwini.com)
IndoNewz.com - Bagi seorang pekerja keras atau 'workaholic', tidur malam menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Begitu juga dengan pekerja yang sering lembur saat bekerja, waktu tidur malam juga akan berkurang karena esok paginya harus sudah kembali untuk bekerja. Kebiasaan seperti ini tidak baik karena akan mengganggu kesehatan. Jika kebiasaan ini terus berlangsung, maka Anda bisa terkena yang namanya 'Insomnia'.

Dalam bahasa sederhana, Insomnia berarti gejala pada tubuh yang menyebabkan kesulitan untuk tidur malam. Seringkali penderita insomnia sulit untuk tidur meskipun sudah dalam keadaan mengantuk. Penderita insomnia juga terkadang bangun tidur lebih cepat dari jadwal seharusnya, lalu sulit untuk tidur lagi.

Untuk bisa mengobati insomnia, terlebih dahulu penderita harus mengetahui apa yang bisa menyebabkan insomnia. Berikut adalah penyebab insomnia pada umumnya :

1. Stres
Stres atau rasa gelisah yang timbul biasanya disebabkan karena terlalu memikirkan masalah yang dimiliki terlalu berlebihan.

2. Depresi
Depresi bisa terjadi karena memiliki perasaan yang berlebihan, misalnya sedih atau merasa bersalah.

3. Efek samping obat
Sering kali obat yang diminum memiliki efek sulit tidur.

4. Pola makan yang salah
Mengonsumsi makanan yang berat sebelum tidur akan menyebabkan tubuh sulit untuk tidur.

5. Konsumsi kafein, nikotin, dan alkohol
Kebiasaan mengonsumsi kafein dan alkohol dan ditambah dengan rokok, akan membuat tubuh menjadi bugar, akibatnya meski tubuh sudah lelah, mata masih terjaga

6. Kurang Berolahraga
Kurang berolahraga akan menyebabkan tubuh menjadi cepat lelah. Sering kali kita mengonsumsi minuman penambah energi untuk membuat tubuh menjadi segar, namun efek dari minuman itu akan membuat tubuh sulit untuk beristirahat dan membuat mata terjaga semalaman.

Biasanya penderita insomnia akan mengonsumsi obat tidur sebelum tidur supaya bisa tidur dengan pulas. Meski bisa menyebabkan tidur, namun efek samping dari obat tidur akan mengakibatkan tubuh merasa lemas saat bangun tidur di pagi harinya.

Setelah mengetahui penyebab insomnia, maka untuk bisa mengurangi bahkan bisa menghilangkan insomnia, maka diperlukan perubahan-perubahan dalam pola hidup kita. Perubahan pola hidup yang dimaksud adalah sebagai berikut :

1. Terapkan pola tidur yang baik
Pada umumnya waktu yang baik untuk tidur di malam hari adalah 8 jam. Maka buatlah jadwal untuk tidur dan bangun. Lakukan secara disiplin agar tubuh bisa terbiasa dan insomnia bisa hilang secara perlahan.

2. Mengonsumsi protein
Cobalah untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung tinggi protein sebelum tidur, sebagai contoh keju atau susu hangat. Kandungan triptofan yang merupakan salah satu unsur senyawa asam amino dari protein akan membantu tubuh untuk mudah untuk tidur.

3. Kurangi konsumsi alkohol, kafein, dan rokok
Hindarilah mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol atau kafein serta rokok menjelang jam tidur malam. Hindari juga mengonsumsi minuman penambah energi jelang tidur agar tubuh bisa istirahat maksimal.

4. Kurangi tidur siang
Tidur siang yang berlebihan menjadi salah satu penyebab insomnia, maka hindarilah tidur siang dalam jangka waktu yang lama. Idealnya waktu untuk tidur siang antara 30 - 60 menit saja.

5. Berolahraga secara teratur
Dengan berolahraga secara teratur, akan membuat jadwal tidur menjadi lebih teratur. Selain itu, tubuh akan merasa bugar saat bangun di pagi harinya.

6. Hindari makanan berat
Sebisa mungkin hindari mengonsumsi makanan yang berat jelang tidur. Hal ini untuk menghindari tubuh bekerja terlalu banyak saat malam hari.

7. Hilangkan masalah
Usahakan untuk tidak membawa masalah yang berat sebelum pergi tidur. Masalah akan membuat Anda terus berpikir mencari solusi dan menyebabkan sulit untuk tidur.

Sumber : redaksi IndoNewz.com

Tag : apa itu insomnia, penyebab insomnia, akibat insomnia, efek dari insomnia, cara mengurangi insomnia, cara mengatasi insomnia, cara menghilangkan insomnia, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019