Rabu, 18 Januari 2017

Penjelasan Twitter Soal Pemblokiran Akun Habib Rizieq dan FPI

Akun twitter Habib Rizieq diblokir (Gambar by solopos.com)
IndoNewz.com - Pemblokiran akun twitter milik Front Pembela Islam (FPI) dan Habib Rizieq sempat menjadi trending topic beberapa hari lalu. Diketahui sebelumnya bahwa akun twitter Habib Rizieq (@syihabrizieq) dan akun twitter DPP FPI (@dpp_fpi) tidak bisa diakses alias diblokir. Saat mencoba mengakses kedua akun tersebut muncul pesan "The account you are trying to view has been suspended"

Ditanya mengenai alasan pemblokiran kedua akun tersebut, pihak Twitter Indonesia menjelaskan bahwa Twitter berperan sebagai platform global bersifat publik, dimana memiliki peraturan dan Terms of Services yang menjelaskan platform itu dapat memberikan manfaat sekaligus melindungi pengguna.

Twitter Indonesia menambahkan bahwa penangguhan atau pemblokiran akun berdasarkan laporan-laporan dari pihak pengguna Twitter. Jika terjadi pelanggaran peraturan Twitter berdasarkan laporan-laporan yang diterima, pihak Twitter berhak untuk melakukan penangguhan atau pemblokiran akun. Bahkan jika memang akun Twitter itu bermasalah, pihak Twitter bisa melakukan penutupan akun secara permanen.

Sebelum melakukan penangguhan atau pemblokiran akun, ada beberapa syarat dan ketentuan Twitter agar bisa melakukan penangguhan atau pemblokiran akun. Syarat dan ketentuannya adalah jika sebuah akun menyebarkan spam, akun tersebut terancam keamanannya, atau telah mentweet yang dianggap mengganggu pihak lain.

Mengenai laporan-laporan yang masuk dari pengguna twitter, akan diproses secara seksama oleh tim di San Fransisco (AS) dan Dublin (Irlandia). Jika akun tersebut terbukti melakukan pelanggaran peraturan Twitter, maka akun tersebut dapat di tangguhkan atau diblokir.

Jika akun yang dimiliki ditangguhkan, penggunanya akan mendapat notifikasi dan bisa melakukan banding jika merasa tidak melanggar peraturan Twitter. Selain itu, pengguna juga bisa melakukan BRIM (Block, Report, Ignore, Mute) terhadap akun yang telah membuat tidak nyaman.

Demi terciptanya Twitter yang aman, nyaman, dan kondusif, pihak Twitter Indonesia berharap para pengguna Twitter di Indonesia tidak malu atau takut untuk melaporkan akun yang melanggar Terms of Services Twitter.

Sumber : liputan6.com

Tag : akun habib rizieq diblokir, akun fpi diblokir, akun twitter habib rizieq diblokir, akun twitter fpi diblokir, indonewz, iindonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019