Selasa, 17 Januari 2017

Cara Mudah dan Alami Untuk Cegah dan Atasi Demam Pada Anggota Keluarga

Waspada demam yang menyerang anggota keluarga (Foto by bundanet.com)
Indonewz.com – Sudah beberapa hari ini hujan turun, baik pagi maupun sore hari. Sebagai ibu pasti akan merasa khawatir dengan kondisi fisik dari anak dan anggota keluarga lainnya. Mereka harus tetap menjalankan aktivitas meskipun hujan turun. Hal ini tentunya akan menyebabkan kondisi tubuh anak dan anggota keluarga menjadi tidak stabil. Bila kondisi tubuh sudah tidak fit lagi, maka ancaman demam bisa terjadi kapan saja dan siapa saja.

Untuk bisa mencegah demam terjadi pada anak dan anggota keluarga lainnya, lakukanlah hal-hal sebagai berikut :

1. Mandi air hangat
Mandi air hangat setelah beraktivitas seharian ditambah terkena hujan di jalan, dipercaya akan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Mandi air hangat juga mampu menghilangkan bakteri yang melekat di tubuh.

2. Banyak minum air putih
Minum banyak air putih sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh. Selain itu, dengan mengonsumsi banyak air putih akan membuat tubuh terhindar dari dehidrasi.

3. Minum teh hangat
Selain menghangatkan tubuh, mengonsumsi teh hangat juga bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks. Untuk mencegah demam terjadi, bunda bisa mencampurkan teh dengan jahe, lemon, atau madu.

4. Konsumsi vitamin C
Dengan mengonsumsi vitamin C, baik yang dari buah atau lewat produk yang banyak dijual dipasaran, akan membantu menguatkan sistem imun dalam tubuh. Hal ini bagus untuk mencegah atau mengobati demam.

Namun, jika anak dan anggota keluarga lainnya sudah ada yang terkena demam, segeralah untuk memberikan pengobatan agar demam anak atau yang lainnya tidak terlalu lama. Sudah banyak obat penurun demam yang dijual di apotik dan sudah teruji secara klinis. Namun bagi sebagian orang, ada yang tidak percaya atau takut dengan obat-obat yang dijual di apotik.

Menurut mereka obat herbal atau alami jauh lebih efektif untuk menurunkan demam. Obat alami biasanya tersedia di dapur karena bahan-bahan alami tersebut biasa digunakan bunda untuk memasak. Contoh bahan alami untuk menurunkan demam dan ada di dapur adalah :

1. Bawang merah
Kandungan yang terdapat pada bawang merah sangat baik untuk kesehatan anak. Kandungan yang terdapat pada bawang merah, seperti minyak atsiri, sikloaliin metilaliin, kuersetetin, dan floroglusin. Caranya pun mudah untuk dilakukan, yaitu parut atau iris tipis bawang merah, lalu campurkan dengan sedikit minyak kelapa. setelah itu balurkan pada tubuh anak. biasanya pada bagian jidat, dada, atau punggung.
 
2. Kunyit
Kandungan yang ada dalam kunyit, seperti minyak atsiri, turmeron, curcumin, dan zingiberen. Kandungan yang terdapat pada kunyit bisa berfungsi sebagai anti inflamasi, antioksidan, dan anti bakteri. Caranya adalah parut kunyi seukuran 1 ruas jari dan campur setengah gelas air panas lalu dinginkan. Peras campuran tadi menggunakan kain tipis dan di saring, lalu minumkan pada anak. Bisa juga ditambahkan madu dan jeruk nipis.

3. Temulawak
Kandungan yang terdapat dalam temulawak, seperti zat aktif germacrene, alpha betha curcumena dan xanthorrhizol. Kandungan tersebut berfungsi sebagai anti biotik dan anti inflamasi. Cara membuatnya adalah parut temulawak seukuran 1 ruas jari dan campur dengan setengah gelas air. Peras dan saring campuran tersebut, lalu di minumkan kepada anak yang demam. Dapat juga ditambahkan madu untuk memberi rasa manis.
 
Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah demam pada anggota keluarga secara alami. Cara-cara tersebut sangatlah mudah untuk dilakukan. Selain itu bila stok obat penurun demam sedang kosong, tidak ada salahnya untuk mencoba bahan-bahan alami yang sudah terbukti bisa menurunkan demam pada anggota keluarga.

Source : redaksi IndoNewz.com

Tag : cara alami mencegah demam, cara alami mengobati demam, bahan alami penurun demam, cara mudah cegah demam, cara mudah atasi demam, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019