Kamis, 12 Januari 2017

Dampak Buruk Penggunaan MSG Yang Berlebihan

Ketahui bahayanya MSG bagi tubuh (Gambar by antarriau.com)
IndoNewz.com - Pernahkah kamu mengonsumsi makanan yang rasanya hambar ? Sudah pasti kita akan menolak untuk memakannya karena rasanya tidak enak. Makanan yang rasanya hambar sering dijumpai saat kita sedang dirawat di rumah sakit. Makanan itu terasa hambar karena memang tidak menggunakan garam ataupun penyedap makanan.

Penyedap rasa atau yang biasa disebut dengan MSG (Monosodium Glutamat), sesuai dengan namanya, fungsi dari MSG adalah memberikan rasa sedap pada masakan. Karena fungsinya ini, hampir di setiap warung makan atau restoran pasti menambahkan MSG untuk membuat rasa sedap dan gurih pada masakan.

MSG sendiri dibuat melalui proses fermentasi dari tetes gula (Molases) oleh bakteri (Brevibacterium Lactofermentum). Dalam proses tersebut, akan dihasilkan Asam Glutamat yang kemudian ditambahkan dengan Soda (Sodium Carbonate) lalu menghasilkan MSG (Monosodium Glutamat). MSG ini kemudian dimurnikan dan dikristalisasi menjadi serbuk seperti yang dijual di pasaran.

Meskipun memiliki fungsi yang baik, tapi bila penggunaannya terlalu banyak, tentu tidak akan baik untuk kesehatan. Berikut bahaya yang bisa ditimbulkan oleh penggunaan MSG yang berlebih :

1. Menyebabkan kegemukan
Rasa sedap dan gurih yang dihasilkan MSG pada makanan akan membuat banyak orang ketagihan untuk makan terus. Jika kegiatan makan ini tidak bisa dikontrol, tidak menutup kemungkinan akan membuat tubuh menjadi gemuk. Ditambah tidak diimbangi dengan olahraga yang teratur, ancaman obesitas akan semakin tinggi.
 
2. Menyebabkan kerusakan otak
MSG pada makanan seperti zat adiktif yang membuat orang menjadi suka untuk makan. Namun, di sisi lain MSG membuat otak bekerja lebih cepat dan berlebihan dalam memproduksi dopamin. Hal ini akan menipu otak manusia dengan membuat makanan menjadi enak. Jika dibiarkan terus menerus, sel-sel otak akan menjadi rusak.

3. Memicu kanker
Proses pembuatan MSG yang melalui proses pemanasan dengan suhu yang tinggi dan waktu dapat membentuk pirolisis. Pirolisis memilik sifat karsinogenik yang berbahaya dan dapat memicu terjadinya kanker.

4. Memperlambat perkembangan kecerdasan anak
Bagi anak di usia dini, sebaiknya menghindari makanan yang banyak mengandung MSG. Makanan yang mengandung MSG akan menghambat perkembangan otak anak Anda. Akibatnya, perkembangan kecerdasan anak juga akan terganggu.

Jika ditelusuri lebih lanjut, penggunaan MSG secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Selain bahaya yang sudah disebutkan diatas, bahaya lainnya dari penggunaan MSG secara berlebihan adalah berbahaya bagi kesehatan jantung, gangguan pernapasan, tekanan darah menjadi tidak normal, menyebabkan kekakuan otot, dapat merusak sistem syaraf, gangguan penglihatan, gangguan pada organ genital, dan lainnya.

Sumber : abuazmashare.id

Tag : apa itu msg, fungsi msg bagi makanan, bahaya msg, bahaya penggunaan msg secara berlebihan, efek msg bagi kesehatan manusia, dampak buruk msg bagi kesehatan, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019