Rabu, 04 Januari 2017

Kominfo Blokir Lagi 11 Situs Bermuatan Negatif

Situs diblokir akan diarahkan ke internet positif (Gambar by situsiphone.com)
IndoNewz.com - Sebelumnya dalam rapat terbatas, Presiden Joko Widodo memerintahkan untuk mengevaluasi media online yang mengandung berita kebencian, fitnah, dan SARA. Melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), telah meminta kepada jasa penyedia layanan internet atau Internet Service Provider (ISP) untuk memblokir 11 situs yang dianggap mengandung konten negatif.

Adapun 11 situs yang diblokir oleh Kominfo adalah sebagai berikut :

1. voa-islam.com
2. nahimunkar.com
3. kiblat.net
4. bisyarah.com
5. dakwahtangerang.com
6. islampos.com
7. suaranews.com
8. izzamedia.com
9. gensyiah.com
10. muqawamah.com
11. abuzubair.net

Alasan dibalik pemblokiran kesebelas situs tersebut disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Humas Kominfo, Noor Iza. Ia mengatakan kalau 11 situs yang diblokir merupakan hasil pantauan dari sekitar 200 situs maupun media online yang mengandung konten negatif.

9 dari 11 situs diblokir karena berisi muatan negatif, seperti ujaran kebencian, fitnah, provokasi, SARA, hingga penghinaan simbol negara. Sedangkan dua lagi mengandung phising dan malware. Saat mengakses situs-situs tersebut menggunakan salah satu ISP, hasilnya akan dialihkan ke halaman Trust Positive / Internet Baik. Namun, saat mencoba mengakses menggunakan ISP lain, beberapa situs masih bisa diakses.

Sebelumnya pada bulan November 2016 lalu, Kominfo juga telah memblokir 11 situs yang mengandung muatan negatif. Menkominfo Rudiantara, mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Dewan Pers untuk mengevaluasi situs media online. Jadi Kominfo tidak sembarangan dalam melakukan pemblokiran terhadap situs media online.

Source : kompas.com

Tag : kominfo blokir situs media online, kominfo blokir 11 situs mengandung konten negatif, kominfo blokir situs mengandung konten negatif, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Peduli dan Berbagi