Kamis, 30 Maret 2017

Presiden Afghanistan Akan Sambangi Indonesia

Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani (Foto by khaama.com)
IndoNewz.com - Kunjungan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz ke Indonesia pada awal bulan Maret 2017 lalu begitu fenomenal dan menyita perhatian khalayak ramai di Indonesia. Kini Indonesia kembali akan dikunjungi oleh tamu kenegaraan, yakni orang nomor satu di Afghanistan.

Ashraf Ghani, Presiden dari Afghanistan dijadwalkan akan mengunjungi Indonesia pada 5 - 6 April 2017 mendatang. Informasi mengenai kunjungan Presiden Afghanistan disampaikan langsung oleh Armantha Natsir selaku juru bicara dari Kementerian Luar Negeri. Hal itu ia sampaikan saat press briefing di kantor kemenlu pada Kamis (30/3/2017).

Kunjungan yang dilakukan oleh Ashraf Ghani dinilai sangat bersejarah karena untuk pertama kalinya Presiden Afghanistan datang berkunjung ke Indonesia. Kunjungan ke Indonesia merupakan kunjungan pertama ke Asia Tenggara yang dilakukan oleh Ashraf Ghani. Rencananya Ashraf Ghani tidak hanya akan mengunjungi Indonesia saja. Dirinya juga dijadwalkan untuk berkunjung ke Singapura dan Australia.

Disebutkan oleh Direktur Asia Selatan dan Tenggara Kementerian Luar Negeri, Ferdy Piay, akan ada beberapa isu yang dibahas dibalik pertemuan Ashraf Ghani dengan Presiden Joko Widodo. Salah satunya akan membahas mengenai peran Indonesia dalam mewujudkan perdamaian di Afghanistan.

Selain itu, akan dilakukan juga penandatanganan kerja sama antar kedua negara yang meliputi bidang pendidikan, pertanian, statistik, dan reformasi administrasi publik.

Alasan lain dari kunjungan Presiden Afghanistan ke Indonesia adalah ingin belajar cara menyelesaikan konflik di Indonesia. Seperti yang diketahui, Indonesia pernah mengalami masalah konflik antarmasyarakat, karena itu Ashraf Ghani ingin melihat langsung pengalaman Indonesia dalam menyelesaikan konflik.

Ashraf Ghani juga akan belajar bagaimana Indonesia dalam menangani beragam aksi terorisme, radikalisme, dan ekstremisme yang sering terjadi. Diharapkan dengan belajar langsung dari Indonesia, program deradikalisasi yang ada di Afghanistan bisa berjalan dengan baik.

Selain bertemu dengan Presiden Joko Widodo, rencananya Ashraf Ghani juga akan bertemu dengan para ulama di Indonesia. Kabarnya pertemuan tersebut akan dihadiri oleh ulama dari NU dan Muhammadiyah. Pertemuan akan dilangsungkan di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Sumber : nasional.kompas.com

Tag : presiden afghanistan, ashraf ghani, presiden indonesia, joko widodo, pertemuan presiden afghanistan dengan jokowi, kunjungan presiden afghanistan ke indonesia, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019