Senin, 06 Maret 2017

Program BBM Satu Harga Secara Bertahap Dijalankan Pertamina

Pertamina tambah wilayah BBM Satu Harga di Indonesia (Foto by tempo.co)
IndoNewz.com - Program BBM Satu Harga yang di buat oleh Pemerintah secara bertahap mulai di jalankan oleh PT Pertamina (Persero).  Baru-baru ini Pertamina memberlakukan BBM Satu Harga pada 9 wilayah di Indonesia.

Sembilan wilayah yang di maksud adalah sebagai berikut :

1. P. Batu, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara
2. Siberut Tengah, Kab. Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumbar
3. Kep. Karimun Jawa, Kab, Jepara, Provinsi Jawa Tengah
4. Pulau Raas, Kab. Sumenep, Jawa Timur
5. Tanjung Pengamus, Kab. Sumbawa, Provinsi NTB
6. Waingapu, Kab. Sumba Timur, Provinsi NTT
7. Wangi-Wangi, Kab. Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara
8. Moswaren, Kab. Sorong Selatan, Provinsi Papua Barat
9. Kec. Long Apari. Kab. Mahakam Hulu, Provinsi Kalimatan Timur.

Kebijakan BBM Satu Harga pada sembilan wilayah di atas mulai berlaku sejak akhir Februari 2017. Bila sebelumnya warga harus membayar sebesar Rp 8.000 - 15.000 per liter untuk Premiun, kini mereka bisa mendapatkan Premium dengan harga Rp 6.450 per liter. Hal yang sama juga berlaku untuk Solar. Bila sebelumnya warga harus membayar Rp 7.000 - 18.000 per liter, kini mereka bisa mendapatkan Solar dengan harga Rp 5.150 per liternya.

Kebijakan BBM Satu Harga yang dilakukan oleh Pertamina sudah sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM No. 36 Tahun 2016 tentang Percepatan Pemberlakuan Satu Harga Jenis BBM Tertentu (JBT) & Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) Secara Nasional. Peraturan Menteri ESDM tersebut mulai diberlakukan sejak 1 Januari 2017.

Berdasarkan Peraturan Menteri ESDM, maka dikeluarkanlah Surat Keputusan Direktur Jenderal Nomor 09.K/10/DJM.0/2017 yang mengatur 148 kabupaten sebagai lokasi pendistribusian BBM Satu Harga secara bertahap mulai tahun 2017 - 2020.

Pada tahun 2017, Pemerintah menargetkan akan membangun SPBU Mini pada 22 lokasi di 14 provinisi di Indonesia. Nantinya tiap SPBU Mini akan memiliki kapasitas sebanyak lima kilo liter per hari. SPBU Mini tersebut akan tersebar di Sumatera Barat, Kepulauan Natuna, Provinsi Bengkulu, Kalimantan Utara, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Sumber : finance.detik.com

Tag : bbm, pertamina, bbm satu harga, premium, solar, harga baru premium, harga baru solar, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019