Rabu, 01 Maret 2017

Sidang Perdana Siti Aisyah dan Doan Terdakwa Pembunuhan Kim Jong Nam

Doan (kiri) dan Siti Aisyah (kanan) jadi terdakwa pembunuhan Kim Jong Nam (Foto by okezone.com)
IndoNewz.com - Sidang perdana kasus pembunuhan Kim Jong Nam, saudara tiri Presiden Korea Utara, Kim Jong Un resmi digelar hari Rabu, 1 Maret 2017. Dua terdakwa pembunuhan Kim Jong Nam, yakni Siti Aisyah (25) warga negara Indonesia dan Doan Thi Huong (28) warga negara Vietnam hadir di Pengadilan Sepang, Malaysia.

Keduanya didakwa oleh dengan Pasal 302 KUHP tentang pembunuhan dengan ancaman hukuman mati. Mereka diduga dengan sengaja memasukan gas beracun VX pada wajah Kim Jong Nam saat berada di bandara Kuala Lumpur pada 13 Februari lalu. Kim Jong Nam pun dinyatakan meninggal setelah 15 - 20 menit kemudian.

Selain Siti Aisyah dan Doan Thi Huong, Kepolisian Malaysia masih memburu empat orang yang di duga terlibat dalam kasus pembunuhan terhadap Kim Jong Nam. Saat ini Polisi Malaysia masih menahan Ri Jong Chol, warga negara Korea Utara. Ri Jong Chol masih berstatus tahanan dan belum dikenakan dakwaan apapun.

Kasus kematian Kim Jong Nam cukup membuat publik terkejut. Pasalnya ada dugaan Pemerintah Korea Utara juga ikut terlibat dalam pembunuhan tersebut. Sidang perdana kasus pembunuhan Kim Jong Nam dikawal ketat oleh polisi. Sebanyak 199 polisi diperintahkan khusus untuk mengawal jalannya persidangan di Pengadilan Sepang, Malaysia.

Wartawan lokal maupun wartawan mancanegara juga terlihat hadir dalam sidang perdana pembunuhan Kim Jong Nam. Para wartawan yang hadir dalam persidangan terlebih dahulu harus mendaftarkan diri dan menyerahkan semua gadget dan peralatan lainnya, seperti handphone, laptop, maupun alat perekam. Setiap tas yang dibawa oleh para wartawan juga harus diperiksa secara ketat sebelum diijinkan masuk ke ruang pengadilan.

Agenda sidang perdana adalah mendengarkan pembacaan dakwaan terhadap Siti Aisyah dan Doan Thi Huong. Sidang kedua akan dilanjutkan kembali pada 13 April 2017 mendatang.

Sumber : news.detik.com

Tag : kim jong nam, kim jong un, siti aisyah, doan thi huong, pembunuhan kim jong nam, terdakwa pembunuhan kim jong nam, sidang perdana pembunuhan kim jong nam, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019