Jumat, 10 Maret 2017

Skip Challenge : Antara Tren dan Bunuh Diri

Contoh permainan skip challenge yang viral dan bisa menyebabkan kematian (Foto by liputan6.com)
IndoNewz.com - Baru-baru ini sebuah video yang mempertontonkan sebuah aksi yang dianggap 'bunuh diri' sedang heboh dan viral di media sosial dan yotube. Apa yang dilakukan dalam video tersebut bernama Skip Challenge. Tantangan Skip Challenge atau disebut juga dengan 'Passout Challenge' adalah sebuah tantangan yang cara bermainnya dengan menekan dada sekeras-kerasnya selama beberapa detik dan menyebabkan pemain kekurangan oksigen lalu jatuh pingsan.

Sayangnya permainan berbahaya ini dan bisa disebut juga dengan aksi bunuh diri cenderung disukai oleh para remaja. Dalam channel youtube saja sudah ada 270.000 video yang menampilkan aksi tersebut. Remaja di Indonesia pun tidak ketinggalan mengikuti trend berbahaya yang sedang viral tersebut.

Para pakar kesehatan pun melarang permainan Skip Challenge ini karena bisa merenggut nyawa saat pertama kali dimainkan. Permainan ini sama saja dengan melakukan aksi bunuh diri. Seorang anak berumur 11 tahun bernama Da'Vorious (Chi Chi) Gray dari Carolina Selatan meninggal karena melakukan permainan tersebut.

Chi Chi Gray ditemukan pingsan dalam lemari keluarganya. Saat dilarikan ke rumah sakit, nyawanya sudah tidak tertolong lagi. Pihak keluarga pun menyalahkan permainan Skip Challenge yang sudah menyebabkan Gray meninggal dunia.

Permainan Skip Challenge pada umumnya dimainkan secara berkelompok yan terdiri dari 2 orang atau lebih. Namun permainan itu juga bisa dilakukan secara sendiri dengan mengikatkan tali ke dada lalu ditarik. Cara itu terlihat seperti sedang mencekik leher sendiri.

Menurut penelitian dan survey, sebanyak 93 persen orang tua belum mengetahui permainan berbahaya ini. Oleh karena itu, orang tua harus sebisa mungkin menghindarkan anak atau anggota keluarga lainnya dari permainan berbahaya ini.

Sumber : health.liputan6.com

Tag : skip challenge, permainan berbahaya skip challenge, skip challenge dapat menyebabkan kematian, bahayanya permainan skip challenge, skip challenge viral di media sosial dan youtube, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019