Kamis, 23 Maret 2017

Kapolri Tegaskan Isu Penculikan Anak Adalah Hoax

Kapolri Jenderal Tito Karnavian (Foto by merdeka.com)
IndoNewz.com - Belakangan isu penculikan terhadap anak-anak kembali mencuat. Para orang tua di buat menjadi khawatir dan mulai melakukan pengawasan terhadap lingkungan tempat anak berada. Bahkan pihak sekolah pun juga melakukan hal yang sama. Pengamanan yang ada di pihak sekolah mulai diperketat.

Berdasarkan informasi yang beredar di sejumlah sosial media atau pesan berantai, motof dari penculikan anak ini adalah penjualan anak yang harganya sampai miliaran rupiah. Pelaku mengicar korbannya dengan berpura-pura menjadi orang gila agar tidak dicurigai oleh warga. Namun informasi yang beredar membuat orang tua dan warga menjadi panik.

Orang gila yang tidak ada niat untuk menculik anak kemudian menjadi bulan-bulanan warga yang emosi dan curiga kalau dia merupakan komplotan penculikan anak. Warga pun beramai-ramai melakukan penangkapan dan tindakan main hakim sendiri.

Menanggapi isu penculikan anak yang beredar, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan kalau isu yang beredar di sosial media maupun pesan berantai adalah tidak benar atau 'hoax'. Isu ini muncul setelah beredar informasi telah terjadi penculikan anak di Jalan H. Nawi, Jakarta Selatan pada Minggu (19/3/2017) lalu. Pelaku yang ditangkap kemudian berpura-pura menjadi orang gila untuk mengelabui warga.

Menurut Tito, pihaknya telah melakukan pengecekan di sejumlah daerah, termasuk Jakarta dan meyakinkan kalau isu tersebut adalah fiktif belaka. Tito menambahkan kalau tujuan dari si pelaku (pembuat isu penculikan anak) untuk menimbulkan keresahan di masyarakat dan membuat legitimasi wibawa pemerintah menjadi turun.

Pelaku sengaja memanfaatkan momentum Pilkada Daerah 2017 agar isu penculikan anak bisa menjadi besar. Selain itu, Tito juga menghimbau kepada para orang tua agar tidak langsung mencerna informasi yang beredar.

Ada baiknya informasi yang ditangkap diklarifikasi dulu kepada warga yang ada disana dan kepada pihak kepolisian. Orang tua juga tidak perlu merasa panik dan khawatir terhadap isu yang beredar. Namun ia juga meminta kepada masyarakat supaya tetap waspada dan tidak mudah percaya terhadap informasi hoax yang beredar.

Sumber : nasional.kompas.com

Tag : kapolri tito karnavian, isu penculikan anak, beredarnya isu penculikan anak di sejumlah daerah, berita hoax, isu penculikan anak adalah hoax, kasus penculikan anak, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019