Rabu, 01 Maret 2017

Beragam Penyakit Kulit Bisa Muncul Bila Malas Mandi

Kebiasaan malas mandi bisa mengganggu kesehatan kulit (Gambar by hipwee.com)
Indonewz.com - Aktifitas yang padat setiap harinya membuat banyak orang harus pulang ke rumah pada malam hari. Rasa lelah setelah aktifitas seharian penuh membuat banyak orang ingin cepat untuk tidur. Banyak yang melupakan untuk mandi setelah beraktifitas dengan berbagai alasan.

Padahal tidur dengan kondisi tubuh yang penuh dengan keringat sangat tidak baik untuk kesehatan. Kebiasaan malas untuk mandi setelah beraktifitas semakin diperparah dengan malas mandi juga saat hari libur tiba. Jika ini terus dibiarkan akan mengganggu kesehatan kulit Anda.

Berikut gangguan yang terjadi pada kulit akibat kebiasaan malas mandi :

1. Jerawat dan komedo

Badan yang kotor dan berkeringat akan menjadi sarang bagi kuman. Untuk menghilangkannya adalah dengan mandi, namun bila malas untuk mandi akan mengakibatkan bertambahnya jumlah flora normal (kuman normal) pada kulit. Jika flora normal pada kulit semakin banyak, akan menyebabkan terjadinya pemecahan lipid dan protein yang terdapat pada kotoran, sisa kelenjar keringat, dan sebum di kulit. Pemecahan ini nantinya akan berakibat munculnya masalah kesehatan pada kulit, seperti jerawat, komedo, dan infeksi kulit.

2. Iritasi pada kulit

Keringat yang menempel pada tubuh banyak mengandung garam yang bila tidak dibersihkan akan menyebabkan iritasi. Iritasi yan terjadi pada kulit akan mengakibatkan gatal, bercak kemerahan, dan ruam. Jika sudah gatal, pasti ada keinginan untuk menggaruk dan jika terlalu kasar menggaruknya akan membuat kulit terluka.

3. Bau badan

Keringat yang menempel pada tubuh sangat disukai oleh flora normal. Garam yang terdapat pada keringat akan menyebabkan jumlah flora normal menjadi bertambah banyak. Bila jumlahnya bertambah banyak akan menimbulkan bau tak sedap yang pada akhirnya menjadi bau badan.

4. Panu

Keringat berlebihan pada tubuh yang dibiarkan saja, sangat rentan untuk dihinggapi jamur. Kelenjar minyak yang berlebih sangat disukai oleh jamur karena kondisinya yang lembap. Bila jamur ini sudah muncul bisa merusak pigmen pada kulit dan membuat warnanya menjadi putih.

Sumber : health.detik.com

Tag : akibat malas mandi, akibat jarang mandi, efek negati dari malas mandi, efek negatif dari jarang mandi, kebiasaan buruk malas mandi, kebiasaan buruk jarang mandi, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019