Rabu, 15 Maret 2017

Tanggal 1 Ramadhan 1438 H Versi PP Muhammadiyah

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul mu'ti (Foto by satuislam.org)
IndoNewz.com - Menurut jadwal libur nasional di kalender tahun 2017, libur nasional untuk perayaan Idul Fitri jatuh pada tanggal 25-26 Juni 2017. Itu artinya tidak sampai 100 hari, umat Muslim akan memasuki bulan Ramadhan 1438 H.

Untuk menentukan awal puasa, biasanya Kementerian Agama akan mengundang ormas Islam dan tokoh agama untuk melaksanakan sidang Itsbat. Namun dari pihak Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, telah lebih dulu menentukan tanggal awal puasa Ramadhan.

PP Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1438 H jatuh pada tanggal 27 Mei 2017. Disampaikan oleh Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, keputusan (1 Ramadhan 1438 H) itu merujuk pada hasil hisab hakiki wujudul hilall Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Menurut Mu'ti alasan dibalik penetapan tanggal 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 27 Mei dikarenakan posisi ketinggian bulan baru atau hilal sudah tinngi dan berada di sekitar tujuh derajat, jadi dapat dilihat dengan mata telanjang.

Ada kemungkinan tanggal 1 Ramadhan versi pemerintah dan PP Muhammadiyah akan sama. Pemerintah biasanya menetapkan posisi minimal hilal sesuai metode rukyat adalah lebih dari dua derajat di atas ufuk guna memenuhi unsur keterlihatan bulan oleh mata.

Lebih lanjut Mu'ti juga menegaskan kalau PP Muhammadiyah juga akan menghadiri sidang Itsbat yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama dengan beberapa syarat sesuai prinsip kemaslahatan musyawarah. Pertama, prosesi sidang Itsbat tidak boleh disiarkan langsung oleh media, kecuali untuk pengumuman hasil musyawarah.

Kedua, jika terjadi perbedaan pendapat, maka harus dimasukan kedalam pertimbangan pengambilan keputusan. Hal ini bertujuan agar tidak ada pendapat kelompok tertentu yang merasa diabaikan.

Sumber : khazanah.republika.co.id

Tag : puasa ramadhan, tanggal 1 ramadhan, awal puasa ramadhan, penetapan awal puasa ramadhan, pp muhammadiyah, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019