Senin, 06 Maret 2017

Arab Saudi Beri Pedang Emas, Polri Lapor KPK

Juru bicara KPK, Febri Diansyah (Foto by okezone.com)
IndoNewz.com - Kunjungan Raja Salman beserta rombongan ke Indonesia pada tanggal 1 - 9 Maret 2017 cukup menarik perhatian publik. Masyarakat Indonesia mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungan Raja Salman ke Indonesia. Merekapun berharap kerja sama antara Indonesia dan Arab Saudi semakin kuat dan harmonis.

Begitu meriahnya sambutan yang diberikan masyarakat Indonesia, tak ayal membuat kepolisian Republik Indonesia (Polri) harus menurunkan ribuan personil polisi untuk menjaga keamanan Raja Salman dan rombongan selama kunjungan di Indonesia.

Atas kinerja kepolisian Indonesia yang dianggap baik, Arab Saudi melalui Duta Besarnya untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi memberikan sebuah cinderamata berupa pedang emas kepada institusi Polri. Cinderamata itu diberikan Dubes Arab Saudi saat mengunjungi Mabes Polri di Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Sabtu (4/3/2017) lalu.

Penampakan pedang emas yang diberikan Dubes Arab Saudi untuk Polri (Foto by tribunnews.com)
Atas pemberian cinderamata pedang emas tersebut, Polri berencana untuk melaporkan pemberian itu kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kadiv Humas Polri, Irjen Boy Rafli Amar membenarkan mengenai rencana Polri tersebut sebelum nantinya pedang emas tersebut disimpan di Museum Polri.

Menanggapi rencana Polri tersebut, KPK sangat mengapresiasi dan mengatakan kalau rencana itu bisa menjadi contoh yang baik bagi para pegawai negeri dan penyelenggara negara di berbagai institusi. Menurut Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah, menjelaskan bahwa sejak Agustus 2014 lalu, Polri memang memiliki komitmen untuk mengendalikan segala bentuk gratifikasi.

Febri juga menambahkan bahwa cinderamata atau barang pemberian itu boleh untuk dipajang pihak penerima sebagai bentuk pembelajaran dan penghormatan terhadap institusi yang memberikan, meskipun barang pemberian tersebut dilaporkan kepada KPK.

Lebih lanjut Febri menjelaskan kalau pelaporan gratifikasi dianggap sebagai upaya yang baik dalam mencegah praktik korupsi di Indonesia.

Sumber : news.detik.com

Tag : polri, dubes arab saudi, cinderamata pedang emas, kpk, polri terima pedang emas, polri laporkan pedang emas ke kpk, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019