Rabu, 08 Februari 2017

Zat Tambahan Pada Makanan Yang Sebaiknya Dihindari

Ilustrasi gambar by halosehat.com
Indonewz.com - Rutinitas sehari-hari yang padat membuat pola makan menjadi tidak terkontrol. Sedikitnya waktu yang ada, membuat sebagian besar orang memilih untuk mengonsumsi makanan-makanan instant ketimbang memasak sendiri makanannya.

Seperti yang sudah diketahui, bahwa di dalam makanan instant atau dalam kemasan mengandung sejumlah zat-zat tambahan yang bila dikonsumsi secara terus menerus akan membahayakan kesehatan. Meskipun efek sampingnya tidak langsung terasa karena bersifat jangka panjang, tapi bila terus dikonsumsi tanpa diimbangi dengan makanan sehat, juga tidak bagus untuk kesehatan.

Berdasarkan penelitian, pada umumnya zat-zat tambahan itu bersifat additif atau menyebabkan ketagihan. Berikut adalah zat-zat tambahan dalam makanan yang dianggap berbahaya bagi kesehatan :

1. Aspartam
Aspartam banyak digunakan dalam minuman kemasan saat ini. Aspartam berfungsi sebagai pemanis buatan minuman kemasan. Ada yang menilai aspartam rendah kalori dan tidak menyebabkan kegemukan, ada juga yang beranggapan sebaliknya.

2. Fruktosa
Fruktosa atau biasa disebut dengan gula buah. Pada orang yang sedang melakukan diet, fruktosa dianggap bisa menggantikan gula karena sama-sama memiliki rasa manis. Namun jika mengonsumsi fruktosa yang cukup tinggi, akan menyebabkan hati bekerja berlebihan. Akibatnya fruktosa akan diubah menjadi lemak.
 
3. MSG
Mononatrium Glutamat (MSG) biasa digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan. Namun jika terlalu banyak, akan menyebabkan ketagihan dan berbahaya untuk organ lainnya, seperti otak. Baca juga : Dampak buruk penggunaan MSG yang berlebihan

4. Margarin
Margarin terbuat dari lemak nabati dan dianggap tidak berbaya bagi kesehatan tubuh. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, dapat menyebabkan kadar kolesterol dalam darah meningkat dan bisa menyerang kesehatan jantung.

5. Pewarna makanan
Saat ini pewarna makanan sudah banyak digunakan untuk menarik konsumen membeli produknya. Namun karena pewarna makanan ini tidak alami alias buatan pabrik, jadi bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan pada tubuh, seperti kanker, gangguan ginjal, hiperaktif pada anak, dan lainnya.
 
Sumber : cantik.tempo.co

Tag : zat berbahaya dalam makanan, bahaya makanan instant, bahaya makanan dalam kemasan, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019