Sabtu, 11 Februari 2017

Jangan Malas Mencuci dan Merawat Jas Hujan, Ini Tips Mudahnya

Pengendara motor pakai jas hujan saat berkendara (Foto by otomotifnet.com)
IndoNewz.com - Curah hujan mulai meningkat dan intensitas hujan juga sudah mulai sering terjadi pertanda musim hujan sudah tiba. Bagi Anda yang melakukan aktivitas di luar saat hari sedang hujan, terutama para pengendara sepeda motor, Anda harus mempersiapkan perlengkapan yang tidak boleh ketinggalan, yakni jas hujan.

Jas hujan biasanya terbuat dari plastik dan karet. Jas hujan mampu melindungi tubuh dari guyuran air hujan dan bisa juga menangkal cipratan air kendaraan lain yang menimpa tubuh Anda. Jika hal itu sudah terjadi, bisa dipastikan jas hujan akan kotor. Lalu bagaimana cara mencuci dan merawat jas hujan supaya tetap awet?

Berikut adalah tips mencuci dan merawat jas hujan dari berbagai sumber yang ada :

1. Bersihkan dulu jas hujan dari air-air yang menempel pada jas hujan. Biasanya air-air sisa hujan yang menempel pada jas hujan, sudah bercampur dengan debu dan kotoran.

2. Untuk jas hujan berbahan karet, cara membersihkannya hanya dengan dilap menggunakan kanebo yang sudah dibasahi oleh air. Untuk yang berbahan plastik, bilas terlebih dulu dengan air, setelah itu dilap hingga kering.

3. Terkadang kotoran yang menempel pada jas hujan sulit untuk hilang. Untuk membersihkan bisa menggunakan sabun cuci piring, sabun mandi, atau deterjen cair. Gunakan spons pencuci piring atau sikat gigi bekas untuk menggosoknya agar bahan jas hujan tidak rusak. Usahakan jangan menggosok terlalu kencang.

4. Setelah dicuci, jas hujan hanya perlu untuk dilap hingga kering. Setelah itu jemur di tempat yang banyak angin. Hindari menjemur jas hujan di bawah sinar matahari langsung, karena akan membuat jas hujan menjadi kering dan mudah rusak.

5. Setelah kering dan tidak ada lagi air yang tertinggal, jas hujan bisa langsung dilipat dan dimasukan ke dalam jok motor. Jangan melipat jas hujan dalam keadaan masih basah karena akan membuatnya lengket dan sulit dibuka.

6. Jika jas hujan terlihat kusam karena noda jamur, cukup rendam jas hujan dalam air hangat. Lalu tambahkan dengan perasan jeruk lemon, jika tidak ada bisa juga menggunakan sitrun.

Nah itulah tips mencuci dan merawat jas hujan supaya tetap awet. Sayang sekali bila kita harus mengeluarkan uang yang berlebihan hanya untuk membeli jas hujan baru. Di musim hujan seperti sekarang ini, biasanya harga jas hujan akan mengalami kenaikan. Oleh karena itu, dengan sedikit usaha dan jangan malas, jas hujan akan bisa digunakan untuk waktu yang lama.

Sumber : viva.co.id

Tag : musim hujan, jas hujan, cara mencuci jas hujan, cara merawat jas hujan, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019