Sabtu, 11 Februari 2017

Efek Samping Instal Lebih Dari Satu Anti Virus Pada Komputer

Contoh berbagai macam anti virus komputer (Gambar by pasartekno.com)
IndoNewz.com - Perkembangan dunia teknologi kini semakin berkembang dengan pesat. Berbagai macam teknologi mulai bermunculan, dari yang ukurannya besar sampai ke yang ukurannya kecil. Ada lagi dari yang berbentuk fisik sampai ke yang berbentuk virtual.

Perkembangan teknologi yang canggih memang bagus, namun ada hal yang harus dikhawatirkan, yakni ulah para hackers atau crackers yang tidak bertanggung jawab. Secara diam-diam mereka meretas komputer yang kita miliki. Tidak jarang mereka sengaja membuat virus dan memasukannya ke komputer kita.

Untuk bisa menangkal atau mencegah serangan virus-virus itu, melakukan instal anti virus adalah langkah yang tepat untuk melindungi komputer kita. Namun tidak sedikit orang yang menginstal dua atau lebih anti virus pada komputernya. Mereka berasumsi kalau menginstal lebih dari satu anti virus, akan membuat komputer menjadi lebih terproteksi dari serangan virus.

Contoh virus flamer (Gambar by jalantikus.com)
Namun pertanyaannya adalah, apakah menginstal lebih dari satu anti virus pada komputer akan efektif untuk mencegah serangan virus-virus nakal?

Jawaban atas pertanyaan itu adalah tidak benar bila menginstal lebih dari satu anti virus pada satu komputer akan efektif untuk mencegah serangan virus. Hal ini dikarenakan dua atau lebih anti virus yang diinstal pada satu komputer akan menambah beban kerja komputer dan akan membuat kinerja komputer turun drastis.

Dampak lainnya dari penggunaan lebih dari satu anti virus akan membuat komputer mudah untuk mengalami crash atau hang. Setiap anti virus bertugas untuk memeriksa lalu lintas data di komputer kalian dengan seksama sehingga jika ada file-file yang dicurigai sebagai file virus, maka software anti virus akan mengkarantina file tersebut.

Yang lebih dikhawatirkan ketika sesama anti virus saling menganggap sebagai virus dan saling melakukan karantina. Tentu saja hal ini akan membuat komputer crash atau hang. Jika ini terus terjadi, maka bersiaplah untuk mengalami kerusakan pada hard drive atau komponen lainnya.

Solusi bijak dari permasalahan virus adalah cukup gunakan satu saja anti virus yang kalian percaya. Pastikan anti virus juga memiliki kemampuan firewall yang baik untuk memproteksi saat sedang browsing di internet.

Sumber : bedahtekno.com

Tag : virus, anti virus, instal anti virus, instal dua anti virus, hackers, crackers, firewall, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019