Senin, 27 Februari 2017

Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Membeli Rumah Baru

Kesalahan dalam membeli rumah baru (Gambar by segalainfo.com)
IndoNewz.com - Bagi pasangan yang baru menikah, bisa memiliki rumah sendiri merupakan impian setiap pasangan. Ada dua cara yang biasanya di pakai untuk membeli rumah, ada yang secara cash atau tunai, ada juga yang secara kredit (KPR) melalui bank.

Namun bagi yang ingin memiliki rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli rumah baru. Hal-hal tersebut biasanya akan menjadi sebuah kesalahan yang sering dilakukan oleh calon pembeli rumah.

Hal utama yang harus diperhatikan adalah cek riwayat dari developer atau perusahaan pengembang perumahan tersebut. Lalu jangan mudah tergoda dengan harga rumah yang murah. Perhatikan juga lokasi perumahan apakah strategis dan nyaman untuk ditempati.

Selain hal utama di atas, ada kesalahan-kesalahan yang umumnya terjadi saat membeli rumah baru :

1. Terpesona dengan keadaan luar rumah

Bila Anda sudah tertarik dengan kondisi luar dari rumah yang di cari, jangan terburu-buru untuk memutuskan untuk membelinya. Anda juga harus memperhatikan kondisi dalam rumah yang ingin dibeli. Anda harus cek and ricek mengenai spesifikasi bahan bangunan yang digunakan, kondisi atap dan dindingnya, dan kelengkapan surat-suratnya. Jangan sampai rumah yang Anda beli masih atau akan menjadi sengketa di pengadilan.

2. Tidak mengamati lingkungan sekitar rumah

Sebelum membeli rumah, ada baiknya untuk melakukan survei terlebih dahulu. Anda harus pastikan bahwa lingkungan rumah tersebut, apakah rawan banjir dan macet. Anda juga bisa menanyakan langsung ke warga sekitar apakah lingkungan tersebut rawan kejahatan atau tidak.

3. Membayar cicilan tidak sesuai pendapatan

Ini kesalahan yang sering terjadi yang mengakibatkan banyak terjadinya kredit macet. Sering kali calon pembeli kurang cermat dalam menghitung pendapatan dan pengeluaran keuangannya. Banyak calon pembeli yang kurang teliti dalam memprioritaskan kebutuhan yang harus dipenuhi.

4. KPR dengan tenor yang singkat

Tergoda ingin memiliki rumah dalam jangka waktu yang cepat, membuat calon pembeli memilih untuk mengambil tenor yang waktunya relatif singkat. Padahal semakin cepat tenor, maka akan semakin besar cicilan yang harus dibayarkan. Jika pendapatannya besar, hal ini tidak akan menjadi masalah, namun jika pendapatan pas-pasan, hal ini tentunya akan menjadi masalah ke depannya.

5. Melupakan biaya ekstra

Dalam membeli rumah, calon pembeli memiliki kecenderungan untuk menganggap sepele mengenai biaya-biaya ekstra yang harus dibayarkan. Contoh dari biaya ekstra adalah biaya materai, biaya notaris, pajak properti, biaya aplikasi, biaya administrasi, dan lain sebagainya. Jika biaya-biaya ini diabaikan, maka Anda harus membayar lebih selain biaya cicilan.

6. Tidak mengikuti asuransi

Jika membeli rumah baru, baik secara tunai atau kredit, pastikan untuk mengajukan asuransi untuk rumah yang Anda beli. Hal ini untuk mencegah Anda mengalami kerugian jika terjadi hal yang tidak diinginkan terjadi pada rumah Anda, seperti musibah bencana alam. Dengan mengikuti asuransi, akan memberikan Anda kenyamanan dan ketenangan.

Sumber : bisniskeuangan.kompas.com

Tag : rumah baru, membeli rumah baru, kredit rumah, kesalahan dalam kredit rumah, hal penting dalam membeli rumah baru, pengajuan kredit rumah baru, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019