Rabu, 08 Februari 2017

Ketika CEO Facebook Dipaksa Mundur Dari Dewan Direksi

Mark Zuckerberg, CEO Facebook (Foto by lifenews.com)
IndoNewz.com - Apa jadinya bila seorang CEO sebuah perusahaan besar di minta untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai dewan direksi? Itulah yang sedang terjadi pada CEO Facebook, Mark Zuckerberg saat ini. Dirinya diminta untuk meninggalkan jabatan dari dewan direksi oleh sekelompok pemegang saham Facebook.

Sekelompok pemegang saham Facebook ini berasal dari lembaga pemerhati konsumen bernama SumOfUs. Mereka menilai sosok Zuckerberg bukanlah orang yang bisa independen dan minta supaya CEO Facebook itu untuk diganti dengan orang yan bisa independen.

SumOfUs menilai dewan direksi yang independen bisa lebih baik dalam mengawasi keputusan eksekutif perusahaan. Selain itu, dewan direksi yang independen akan lebih mendukung kepentingan para pemegang saham.

SumOfUs sendiri merupakan sebuah lembaga yang menyebut dirinya sebagai komunitas online yang mengkampanyekan kewajiban perusahaan-perusahaan besar terhadap sejumlah masalah, seperti perubahan iklim dunia sampai kepada hak para pekerja.

Source by twitter.com (@SumOfUs)
Adapun tujuan SumOfUs mengganti CEO Facebook Mark Zuckerberg agar terjadi keseimbangan kekuasaan antara CEO dan dewan direksi. Hingga nantinya akan tercipta kepemimpinan dewan direksi yang lebih kuat lagi di masa depan.

Besar kemungkinan Facebook akan menolak permintaan dari SumOfUs. Hal itu dikarenakan Mark Zuckerberg merupakan salah satu pemegang saham terbesar di Facebook. Dia pun juga dengan mudah untuk menolak permintaan itu dengan beraliansi dengan para investor Facebook yang lain.

Selain Facebook, beberapa CEO perusahaan ternama juga termasuk ke dalam bagian dewan direksi. Sebut saja Tesla, IBM, Amazon, Netflix, dan Salesforce.

Sumber : inet.detik.com

Tag : facebook, ceo facebook, mark zuckerberg, dewan direksi facebook, sumofus, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019