Kamis, 02 Februari 2017

Oleh-Oleh Yang Harus Dihindari Saat Liburan

Pasar Seni Guwang Bali ramai dikunjungi wisatawan (Foto by tribunnews.com)
IndoNewz.com - Jatah cuti dari kantor bisa diambil, saatnya untuk pergi liburan ke tempat-tempat favorit untuk menyegarkan pikiran dari rutinitas sehari-hari yang padat. Persiapkan segala keperluan liburan dengan baik agar liburan bisa sesuai dengan rencana.

Biasanya setelah kita berpamitan untuk pergi liburan, teman-teman atau anggota keluarga akan minta dibelikan oleh-oleh. Ada juga yang nitip untuk dibelikan oleh-oleh yang dia mau. Namun perlu diingat jangan sampai urusan oleh-oleh mengganggu liburan kamu.

Ada oleh-oleh yang sebaiknya dihindari untuk dibeli. Apa saja oleh-olehnya? Mari kita lihat dibawah ini.

1. Oleh-oleh dengan harga mahal

Sebelum belanja oleh-oleh, perlu dipastikan terlebih dulu uang yang kita miliki. Jangan sampai karena demi gengsi, kita menghabiskan uang yang terlalu banyak. Apalagi bila oleh-oleh yang mahal itu memiliki kualitas yang tidak terlalu bagus, ruginya akan sangat terasa. Perlunya pengetahuan mengenai toko yang menjual oleh-oleh dengan reputasi yang baik, jangan sampai kita tertipu. Kemampuan menawar harga barang juga perlu dimiliki agar bisa mendapatkan pengurangan harga.

2. Oleh-oleh gampang patah atau pecah

Oleh-oleh yang terbuat dari kaca atau tembikar memang sangat menarik. Namun perlu diperhatikan juga cara membawanya pulang ke rumah. Bila tidak dibungkus dengan benar, bukan tidak mungkin barang yang dibeli akan pecah atau patah ketika dibuka.

3. Oleh-oleh yang tajam dan lancip

Jika kamu membeli oleh-oleh semacam ini, pasti akan sangat merepotkan bila kamu bepergian dengan menggunakan pesawat. Tim keamanan tentunya akan memeriksa barang bawaan kamu. Bisa jadi kamu dituduh ingin melakukan tindak kejahatan atau penyelundupan senjata tajam.

4. Oleh-oleh makanan cepat basi

Bepergian ke suatu daerah tentu tak akan lengkap tanpa mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Namun jika kamu ingin membawanya sebagai oleh-oleh, perlu dipikir terlebih dahulu. Pastikan kamu tahu tanggal kadaluarsanya, bila waktunya hanya sedikit, ada baiknya kamu beli yang masih mentah atau setengah matang.

5. Oleh-oleh yang berat

Jika sudah menyukai suatu barang, pasti ingin segera dibeli. Eits, tapi kamu harus berpikir ulang sebelum membeli barang yang berat. Tas atau koper kamu saja sudah berat sebelum ditambah oleh-oleh, jadi hindarilah membeli barang-barang yang berat karena akan menyusahkan kamu nantinya, selain itu kamu juga harus membayar biaya kelebihan muatan.

Nah itulah oleh-oleh yang sebaiknya kamu pikirkan terlebih dulu sebelum membelinya. Jangan sampai liburan kamu terganggu dengan ribetnya oleh-oleh tersebut. Selamat berlibur!

Sumber : travel.detik.com

Tag : liburan, pergi liburan, oleh-oleh, titip oleh-oleh, oleh-oleh yang harus dihindari, oleh-oleh yang menyusahkan, oleh-oleh yang bikin ribet, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019