Senin, 06 Februari 2017

Sastrawan Pramoedya Ananta Toer Jadi Doodle Google

Pramoedya Ananta Toer jadi doodle google (Gambar by detik.com)
IndoNewz.com - Ada yang menarik saat kita membuka Google untuk hari ini, doodle Google mengambil sosok sastrawan besar Indonesia, yakni Pramoedya Ananta Toer yang sedang asyik mengetik. Bertepatan dengan hari kelahiran Pramoedya, pihak Google ikut merayakannya dengan menghadirkan sosoknya dalam doodle.
Pramoedya Ananta Toer muda (Foto by hastamitra.org)
Pramoedya Ananta Toer merupakan sastrawan yang terkenal dengan beragam karya novelnya. Salah satu novelnya yang sangat terkenal adalah Tetralogi Buru yang terdiri dari empat judul, yakni Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, dan Rumah Kaca.

Salah satu karya Pramoedya Ananta Toer (Gambar by kompasiana.com)
Selama hidupnya, Pramoedya telah membuat lebih dari 50 karya sastra, 41 diantaranya telah dialih bahasakan ke dalam bahasa asing. Sosok Pramoedya juga dikenal sebagai tokoh yang kerap mengkritik pemerintah. Akibatnya ia pun pernah dipenjara pada tahun 1947 - 1949 dan 1965 - 1979. Dirinya pernah dipenjara di Jakarta, Tangerang, Nusa Kambangan, Magelang, Semarang, dan Pulau Buru.

Meskipun kerap menjadi kontroversi, namun dirinya disebut-sebut layak untuk menjadi kandidat Nobel dalam bidang sastra. Ia juga telah meraih banyak penghargaan internasional atas karya-karya yang telah dibuatnya.
Salah satu kutipan Pramoedya Ananta Toer (Gambar by indowarta.com)
Sosok Pramoedya Ananta Toer lahir pada tanggal 6 Februari 1925 di Blora, Jawa Tengah. Ia meninggal pada usia 81 tahun tanggal 30 April 2006 dan dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta.

Sumber : detik.com

Tag : pramoedya ananta toer, doodle google, pramoedya jadi doodle google, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019