Kamis, 23 Februari 2017

Alasan Sakai Disebut Sebagai Kotanya Sepeda Di Jepang

Sakai dijuluki sebagai kotanya sepeda (Foto by detik.com)
IndoNewz.com - Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan dan termasuk salah satu dari olahraga juga. Sepeda termasuk mode transportasi yang ramah lingkungan, jadi tidak heran kalau peminatnya mulai banyak belakangan ini. Adanya kampanye 'Bike To Work' semakin membuat banyak orang beralih menggunakan sepeda sebagai alat transportasinya.

Begitu pentingnya bersepeda membuat beberapa negara sengaja membuatkan jalur khusus untuk pesepeda. Salah satu negara yang menaruh perhatian kepada para pesepeda adalah Jepang, tepatnya di wilayah Sakai, Prefektur Osaka.

Untuk menjadikan Sakai sebagai tempat yang ramah bagi para pesepeda, pemerintah setempat membuat peraturan tentang perencanaan kota untuk penggunaan sepeda di kota Sakai. Peraturan itu tertuang dalam Peraturan Daerah No. 35 Tahun 2014.

Ada delapan rumusan dalam peraturan No.35 Tahun 2014 itu :

1. Konfirmasi Fakta Legalitas, yaitu merumuskan motivasi dan tujuan perda itu dibuat.
2. Konfirmasi Penetapan Kebijakan terkait Pemberlakuan Perda.
3. Konfirmasi Apakah Komentar Publik Diperlukan atau Tidak. Hasilnya konfirmasi diperlukan dan masyarakat mengharapkan kehadiran Perda tersebut.
4. Konfirmasi UU dan Peraturan Pemerintah.
5. Konfirmasi Status Pembentukan Perda Serupa di Kota Lain.
6. Pertimbangan Isi Perda, seperti apakah ada masalah gugatan hukum di kota lain atau biaya administrasi yang ditanggung masyarakat dengan timbulnya perda itu nantinya.
7. Pertimbangan Ketentuan Tambahan.
8. Konfirmasi Legal Work.

Dari delapan rumusan diatas, diperoleh tujuan dari pembuatan peraturan tersebut :

1. Pemakaian sepeda mendukung industri sepeda setempat.
2. Sepeda jadi alat transportasi warga.
3. Peningkatan penggunaan sepeda secara aman.
4. Meningkatnya kecelakaan sepeda.
5. Pemberlakuakn Perda sebagai pedoman rencana untuk menjaga efektivitas Rencana Lingkungan untuk Penggunaan Sepeda di Kota Sakai

Kini dengan adanya peraturan tersebut, warga Sakai dapat menikmati kenyamanan dalam bersepeda, hasilnya industri sepeda pun semakin meningkat. Dengan banyaknya warga yang menggunakan sepeda dalam beraktifitas, Sakai pun disebut sebagai kotanya sepeda.

Sumber : news.detik.com

Tag : sepeda, kota sepeda, sakai, jepang, surga sepeda, bike to work, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019