Kamis, 09 Februari 2017

Menilik Sejarah Lahirnya Hari Pers Nasional

Hari Pers Nasional setiap tanggal 9 Februari (Gambar by lintasnasional.com)
IndoNewz.com - Perjuangan Bangsa Indonesia melawan penjajahan bangsa asing tidak hanya menggunakan senjata, tetapi juga melalui tulisan di sejumlah surat kabar. Sejumlah wartawan dengan aktif membuat tulisan yang isinya menentang penjajahan bangsa asing. Karena pada waktu itu, sifatnya masih sendiri-sendiri dan kalah dengan pers media asing, maka sejumlah wartawan dari seluruh daerah di Indonesia mulai bersatu.

Ide untuk mempersatukan para wartawan dalam satu wadah agar dapat mengalahkan pers penjajah dan pers asing. Untuk itulah pada tanggal 9 Februari 1946, didirikanlah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Surakarta. PWI merupakan organisasi profesi wartawan pertama di Indonesia yang beranggotakan wartawan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia

Selain mendirikan PWI, pers di Indonesia pada saat itu juga mendirikan organisasi serupa yang dinamakan Serikat Penerbit SuratKabar (SPS) pada tanggal 8 Juni 1946. SPS kemudian berganti nama menjadi Serikat Perusahaan Pers pada tahun 2011, bertepatan dengan hari jadi SPS ke-65.

PWI dan SPS berjalan secara berdampingan dan bersatu untuk menegakan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mereka selalu bertugas untuk memberitakan dan memberi penerangan untuk membangkitkan kesadaran nasional.

Pada kongres ke-16 PWI di Padang, Sumatera Barat pada tanggal 4 Desember 1978, tercetus untuk membuat satu hari bersejarah untuk memperingati peran dan keberadaan pers secara nasional. Lalu pada sidang ke-21 Dewan Pers di Bandung pada tanggal 19 Februari 1981, ide untuk membuat satu hari bersejarah untuk pers disetujui untuk disampaikan kepada pemerintah.

Melalui Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985, Presiden Soeharto menetapkan setiap tanggal 9 Februari diperingati sebagai Hari Pers Nasional. Keputusan itu diumumkan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Januari 1985. Soeharto menilai bahwa pers mempunyai sejarah perjuangan dan peran penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

Sumber : pikiran-rakyat.com

Tag : hari pers nasional, persatuan wartawan indonesia, serikat penerbit suratkabar, sejarah hari pers nasional, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019