Senin, 13 Februari 2017

Arti Simbol Pada Kemasan Obat Yang Wajib Diketahui

Contoh obat-obatan (Foto by kumispejantan.blogspot.com)
IndoNewz.com - Kondisi cuaca yang sedang tidak menentu ditambah kondisi tubuh yang sedang tidak fit, membuat tubuh mudah untuk terserang penyakit. Bila sudah sakit, solusinya yang paling mudah adalah pergi ke dokter, namun bila malas, bisa langsung saja membeli obat di warung atau apotik.

Tapi pernahkah kita perhatikan kalau di setiap kemasan obat, terdapat simbol-simbol yang berbeda, seperti merah, hijau, atau biru. Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), arti dari simbol-simbol itu sebagai pengklasifikasian jenis obat agar tidak salah dalam mengonsumsinya.

Berikut adalah simbol yang terdapat pada kemasan obat :

1. Simbol obat bebas
Obat yang memiliki simbol ini mudah untuk dijumpai, baik di warung atau apotik. Obat yang memilik simbol ini biasanya digunakan untuk mengobati sakit yang ringan-ringan saja dan tidak membutuhkan resep dari dokter. Contoh obat yang memiliki simbol ini adalah vitamin atau multivitamin. Meskipun tidak membutuhkan resep dokter, penggunaan obat tersebut juga tidak boleh sembarangan atau berlebihan.

2. Simbol obat bebas terbatas
Obat yang memiliki simbol ini juga bisa dibeli tanpa menggunakan resep dokter. Meski begitu penggunaanya harus sesuai dengan aturan yang terdapat dalam kemasan obatnya. Perhatikan juga peringatan efek samping dari penggunaan obat-obat yang memiliki simbol ini.


3. Simbol obat keras
Obat yang memiliki simbol seperti ini harus dibeli dengan menggunakan resep dokter dan tidak bisa dikonsumsi secara sembarangan. Efek yang ditimbulkan bila mengonsumsi obat ini secara sembarangan, seperti memperparah penyakit, meracuni tubuh, bahkan menyebabkan kematian. Contoh obat yang memiliki simbol ini adalah obat-obat yang mengandung hormon, obat penenang, dan antibiotik.

4. Simbol obat herbal terstandar (OHT)
Obat herbal terstandar merupakan obat tradisional yang disajikan dari ekstrak atau penyarian bahan alam yang dapat berupa tanaman obat, binatang, atau mineral. Pembuatan obat jenis ini sudah melalui penelitian-penelitian yang meliputi standar kandungan bahan berkhasiat, standar pembuatan ekstrak tanaman obat, standar pembuatan obat tradisional yang higienis, dan uji toksisitas akut maupun kronis. Obat jenis ini sudah menggunakan teknologi tinggi dalam proses produksinya.

5. Simbol obat fitofarmaka
Fitofarmaka merupakan obat tradisional dari bahan alam yang dapat disetarakan dengan obat modern karena proses pembuatannya yang telah terstandar, ditunjang dengan bukti ilmiah sampai dengan uji klinik pada manusia dengan kriteria memenuhi syarat ilmiah, protokol uji yang telah disetujui, pelaksana yang kompeten, memenuhi prinsip etika, tempat pelaksanaan uji memenuhi syarat.

6. Simbol obat narkotika / psikotropika
Obat narkotika / psikotropika dapat menyebabkan adiktif dan penggunaannya juga diawasi dengan ketat. Untuk bisa mendapatkan obat narkotika harus menggunakan resep dokter asli. Obat jenis ini biasanya digunakan dalam dunia kedokteran sebagai obat bius atau penghilang rasa sakit. Obat jenis ini dapat mempengaruhi susunan saraf pusat dan akan mempengaruhi tingkah laku dan aktivitas.

Sumber : indoamaterasu.com

Tag : simbol obat, simbol kemasan obat, arti simbol dikemasan obat, pengertian simbol pada kemasan obat, makna simbol dalam kemasan obat, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019