Jumat, 18 Agustus 2017

Presiden Jokowi Resmikan Simpang Susun Semanggi di Malam Kemerdekaan

Penampakan Simpang Susun Semanggi saat diresmikan oleh Presiden Jokowi (Foto by kompas.com)
IndoNewz.com - Setelah dilakukan uji coba hingga tanggal 5 Agustus lalu, akhirnya Simpang Susun Semanggi telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 pada Kamis (17/8/2017) kemarin.

Presiden Jokowi berangkat dari Istana Merdeka pada pukul 19.00 WIB usai menghadiri acara perayaan kemerdekaan Indonesia dari pagi hingga sore. Rombongan presiden sampai ke Simpang Susun Semanggi pukul 20.00 WIB.

Sebelum diresmikan, Presiden terlebih dulu mendengar penjelasan dari Gubernur DKI Jakarta Djarot Saeful Hidayat, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono, dan Menteri Perhubungan Budi Karya. Presiden juga sempat melihat gambar Simpang Susun Semanggi yang ada di lokasi.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, dengan ini Simpang Susun Semanggi saya resmikan", ucap Presiden Jokowi yang disusul dengan memencet tombol sirine tanda peresmian. Presiden pun sempat memberikan pujian kepada gubernur yang sekarang (Djarot) dan gubernur sebelumnya (Ahok) atas pengerjaan proyek ini.

Suasana saat Presiden Jokowi meresmikan Simpang Susun Semanggi (Foto by kompas.com)
Presiden sangat mengapresiasi kecepatan pembangunan Simpang Susun Semanggi yang dikerjakan dalam waktu satu tahun. Presiden juga memberikan pujian kepada PT Wijaya Karya selaku kontraktor yang mengerjakan proyek ini karena dinilai tepat waktu dan sesuai rencana.

Presiden Jokowi juga mengatakan kalau dirinya sudah melewati Simpang Susun Semanggi lebih dari 10 kali. Presiden juga menambahkan bahwa kawasan Semanggi bukan hanya jantungnya ibu kota Jakarta, namun juga jantungnya Indonesia.

Jokowi juga menilai bahwa keramaian yang ada di kawasan Semanggi memang cukup tinggi di Jakarta. Oleh karenanya, keberadaan Simpang Susun Semanggi diharapkan dapat mengurai kemacetan yang ada di kawasan tersebut.

Pembangunan Simpang Susun Semanggi ini tidak menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta. Namun menggunakan Dana Kompensasi Lantai Bangunan (KLB) dari PT Mitra Panca Persada senilai Rp 360 miliar.

Proyek ini dibangun dengan bentang terpanjang di atas jalan tol dalam kota secara full precast melengkung (hiperbolik). Kemegahan Simpang Susun Semanggi dilengkapi dengan lampu-lampu yang dipasang di lingkaran Semanggi.

Terdapat 1.514 buah lampu water flow yang ada di bawah jembatan dan 18 lampu high mass pole (HMP). Lampu-lampu tersebut akan mempercantik Simpang Susun Semanggi pada malam hari.

Sumber : megapolitan.kompas.com

Tag : simpang susun semanggi, presiden joko widodo, presiden jokowi resmikan simpang susun semanggi, basuki tjahaja purnama, djarot saeful hidayat, pt wijaya karya, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019