Rabu, 30 Agustus 2017

Cara Menyembelih Hewan Qurban Yang Baik dan Benar Sesuai Ajaran Islam

Proses penyembelihan hewan qurban di masyarakat (Foto by suarajakarta.co)
IndoNewz.com - Menyembelih hewan qurban bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Muslim yang mampu untuk melakukannya. Namun terkadang, minimnya informasi yang didapat membuat hewan qurban yang disembelih diragukan kehalalannya. Ada hal-hal yang harus diperhatikan agar hewan qurban yang disembelih bisa dijamin kehalalannya.

Lukmanul Hakim, Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) menjelaskan tahapan yang harus dilakukan agar hewan qurban yang disembelih terjamin kehalalannya.

1. Pastikan hewan qurbannya tidak cacat, tentu hal ini harus ada rekomendasi dari instansi atau dinas peternakan setempat.

2. Tidak boleh kasar dalam menyembelih hewan. Hewan qurban yang disembelih harus diperlakukan dengan baik. Usahakan antara hewan yang disembelih dengan yang belum disembelih, harus ada jarak agar kedua hewan tidak saling melihat. Jadi tempat penyembelihan dengan tempat penyimpanan hewan qurban harus terpisah.

3. Penyembelihan hewan qurban harus menghadap kiblat. Selain itu, penyembelihan dilakukan dibagian leher dan harus memutuskan tiga saluran, namun tidak sampai memutus kepala. Tiga saluran yang dimaksud yaitu dua saluran nadi (kanan dan kiri), kerongkongan, dan tenggorokan. Menyembelihnya pun juga harus dari kanan ke kiri atau dari bawah ke atas.

4. Hewan yang sudah disembelih diletakannya harus menggunakan alas agar tidak terkontaminasi dengan bakteri karena darah yang keluar, selain itu untuk menjaga kebersihan juga. Namun sebaiknya hewan yang sudah disembelih digantung.

5. Beri jeda waktu 5 - 10 menit antara proses penyembelihan, pengulitan, dan pemotongan daging untuk memastikan bahwa hewan qurban benar-benar telah mati. Ciri hewan qurban yang telah mati adalah jika matanya dibuka, lalu disentuh dengan jari dan tidak ada reflek yang diberikan.

Sumber : news.detik.com

Tag : hari raya idul adha, hari raya qurban, hari raya haji, hewan qurban yang baik, syarat sah hewan qurban, cara menyembelih hewan qurban sesuai islam, menyembelih hewan qurban sesuai syariat islam, menyembelih hewan qurban yang baik dan benar, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019