Senin, 28 Agustus 2017

James Wong Howe Dijadikan Doodle Art Google Di Ulang Tahunnya Yang Ke-118

James Wong Howe master sinematrografer yang jadi doodle art hari ini (Gambar by time.com)
IndoNewz.com - Sudah menjadi kebiasaan bagi google untuk menampilkan tokoh-tokoh dunia yang berpengaruh di bidangnya masing-masing untuk dijadikan doodle art pada tampilan google. Pada laman google tanggal 28 Agustus 2017 ini, terdapat sebuah foto bertemakan hitam putih dengan seorang pria mengenakan topi dan jas serta berperawakan orang Tionghoa.

Diketahui bahwa tokoh yang menjadi doodle art bernama James Wong Howe, seorang sinematrografer yang terkenal di jamannya. James Wong Howe lahir pada tanggal 28 Agustus 1899 di Guangdong, Tiongkok dan meninggal pada tanggal 12 Juli 1976.

Howe pindah ke Amerika sejak berumur 5 tahun dan besar di Washington. Meski sering mendapat perlakuan rasial sejak pindah ke Amerika, dirinya tidak pernah menyerah. Saat remaja Howe pernah menjadi seorang petinju profesional sampai akhirnya dirinya bekerja serabutan sampai ia masuk ke industri film karena bekerja sebagai kurir pengirim film dan tukang sampah di cutting room studio.

Selama karirnya dalam industri film, James Wong Howe dikenal sebagai sinematografer yang ahli memanfaatkan teknik penggunaan bayangan. Ia juga salah satu orang pertama yang menggunakan sinematografi dengan kedalaman fokus (deep focus). Gambar-gambar di filmnya menerapkan teknik ini dimana foreground (latar depan) maupun background (latar belakang) tetap fokus pada saat bersamaan. 

Howe juga sangat ahli memanfaatkan teknik pencahayaan, framing dan kamera dengan pergerakan minimal untuk menggambarkan emosi tertentu. Ia juga tak sengaja menemukan cara menggunakan latar belakang gelap untuk memberikan nuansa warna pada film hitam putih kala itu.

Selain itu, James Wong Howe dikenal sebagai pelopor pemakaian lensa bersudut pandang lebar (wide angle), pencahayaan low key dan pencahayaan berwarna. Ia termasuk orang pertama yang memakai crab dolly, yakni dudukan kamera dengan empat penyangga untuk memuluskan pergerakan horizontal saat merekam gambar.

International Cinematographers Guild menjadikan James Wong Howe sebagai 10 orang yang paling berpengaruh dalam dunia film.

Sepanjang 1930 hingga 1940an, James Howe Wong dikenal sebagai salah satu sinematografer handal di Hollywood. Sepanjang hidupnya tercatat sudah lebih dari 130 film yang diproduksi. Ia dinominasikan untuk 10 Academy Awards untuk kategori sinematografi terbaik. Dari semua nominasi itu, ia memenangi dua Oscar utnuk film "The Rose Tattoo" (1955) dan "Hud" (1963).

Sumber : tirto.id

Tag : doodle art hari ini, doodle google hari ini, james wong howe, siapa james wong howe, sinematrografer james wong howe, james wong howe sinematrografer handal pada jamannya, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019