Selasa, 11 April 2017

Wacana Pemindahan Ibu Kota Ke Palangkaraya Akan Dikaji Lebih Dalam

Monumen Nasional simbol ibu kota Jakarta (Foto by utiket.com)
IndoNewz.com - Sudah sejak lama sudah beredar mengenai isu kepindahan ibu kota Negara Indonesia dari Jakarta ke provinsi lain. Adapaun kota yang pernah menjadi wacana pemindahan ibu kota dari Jakarta, seperti Palembang, Banjarmasin, Samarinda, Pontianak dan terakhir Palangkaraya. Semua kota tersebut berada di wilayah Indonesia bagin timur, yakni Pulau Kalimantan.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan harusnya terjadi pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah, seperti kondisi tata kota yang sempit dan tingginya arus urbanisasi yang membuat Jakarta semakin padat.

Usulan mengenai pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Palangkaraya diusulkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Usulan dari Presiden Jokowi itu pun sedang dikaji oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Ditanya mengenai usulan tersebut, Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas, Arifin Rudiyanto menjelaskan bahwa perlunya pengkajian yang mendalam terkait pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Palangkaraya. Pemerintah harus mencari lokasi yang tepat sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Adapun kriteria yang diinginkan meliputi wilayahnya memiliki keamanan yang bagus, memiliki akses yang mudah, dan lingkungannya juga bagus. Semua wilayah yang ada di Indonesia akan dipelajari wilayahnya, lingkungannya, geografinya, dan lain sebagainya agar didapatkan yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Alasan lain dibalik pemidahan ibu kota dari Jakarta ke Palangkaraya dikarenakan Jakarta di masa depan diprediksi akan berpotensi memiliki masalah lingkungan, hidrologi, transportasi, dan keamanan. Nantinya Jakarta akan tetap dipertahankan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Agar rencana pemidahan ibu kota dari Jakarta ke Palangkaraya bisa terwujud, Arifin menjelaskan kalau pemerintah akan membentuk tim khusus yang akan melakukan pengkajian secara teknis dan pelaksanaanya. Pemerintah juga akan belajar dari negara-negara yang sudah terlebih dahulu melakukan itu, seperti Kazakhstan yang memindahkan ibu kota negara ke Astana, Australia ke Canberra, Amerika dengan ibu kota Washington DC, dan India dengan ibu kota New Delhi.

Lebih lanjut Arifin menjelaskan kalau pemerintah akan mempelajari keterangan-keterangan bagaimana negara-negara diatas memindahkan ibu kota. Lalu ada juga variabel-variabel yang harus dipelajari supaya nantinya akan ditemukan kota mana yang cocok untuk Indonesia sebagai negara kepulauan.

Sumber : nasional.tempo.co

Tag : wacana pemindahan ibu kota negara indonesia, wacana penggantian ibu kota negara indonesia, palangkaraya diusulkan jadi ibu kota indonesia, pemilihan palangkaraya sebagai ibu kota indonesia, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019