Selasa, 11 April 2017

Bahayanya Air Keras Terhadap Kulit dan Pertolongan Pertama Terhadap Korban

Ilustrasi gambar air keras by orandalam.com
IndoNewz.com - Baru-baru ini penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan diserang oleh dua orang yang mengikutinya menggunakan air keras. Kejadiannya bermula ketika Novel sedang berjalan menuju rumahnya usai menunaikan Shalat Subuh. Dirinya diikuti oleh dua orang yang mengendarai sepeda motor, sempat menghindari pelaku, Novel pun disiram dengan air yang diduga sebagai air keras.

Seperti dilaporkan, Novel mengalami luka bakar di bagian wajahnya dan masih dirawat intensif di rumah sakit. Penggunaan air keras untuk melakukan tindak kejahatan atau penyerangan sudah pernah terjadi sebelumnya. Lalu yang menjadi pertanyaan, apa itu air keras dan seberapa bahayanya kepada manusia.

Jika dilihat dari pengertiannya, air keras merupakan larutan asam kuat yang sangat pekat. Contohnya adalah asam sulfat yang dipakai untuk aki, asam klorida untuk membersihkan permukaan logam sebelum disoldir, asam nitrat untuk menguji logam mulia, dan asam fosfat untuk membuat garam fosfat.

Kemudian efek yang akan terjadi jika air keras mengenai kulit adalah akan menimbulkan rasa nyeri yang teramat sakit dan kulit bisa mengalami luka bakar. Air kerasa bersifat korosif dan bila terkena jaringan kulit, maka dia akan bereaksi dengan protein yang menjadi penyusun jaringan kulit. Asam sulfat akan menyebabkan reaksi exotermik atau reaksi yang menimbulkan panas sehingga kulit akan terbakar.

Lalu bagaimana cara melakukan pertolongan pertama jika kulit sudah terlanjur terkena air keras?

1. Basuh dengan air mengalir
Membasuh area yang terkena air keras dengan air mengalir. Tujuannya agar konsentrasi cairan yang menempel di kulit bisa berkurang.

2. Lepas pakaian dan perhiasan
Apabila air keras kebetulan juga mengenai pakaian atau perhiasan yang sedang dipakai maka lepaskan objek tersebut dari tubuhnya. Bagi orang yang menolong disarankan menggunakan pelindung seperti sarung tangan.

3. Beri obat luka bakar
Setelah dibasuh dengan air mengalir maka korban bisa diberikan obat kulit khusus luka bakar. Obat tersebut biasanya mengandung komposisi pelembab dan antibiotik untuk mencegah terjadinya infeksi.

4. Hindari es
Jangan gunakan es untuk menghilangkan rasa panas yang ada pada kulit. Hal itu hanya akan berpotensi menyebabkan kerusakan yang terjadi pada kulit semakin parah.

5. Cari bantuan medis
Segera hubungi pihak medis terdekat agar segera dilakukan perawatan terhadap korban.

Sumber : health.detik.com

Tag : air keras, pengertian air keras, bahaya air keras, pertolongan pada korban air keras, kandungan air keras, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019