Sabtu, 15 April 2017

Alasan Pentingnya Mengganti Oli Sepeda Motor Secara Rutin

Perlunya ganti oli secara berkala untuk menjaga performa mesin kendaraan (Foto by liputan6.com)
IndoNewz.com - Tidak bisa dipungkiri lagi kalau sepeda motor sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari. Ini dikarenakan sepeda motor dianggap sebagai mode transportasi yang baik jika tinggal di kota-kota yang padat dan sibuk. Dengan sepeda motor, jarak tempuh dan waktu bisa dipangkas banyak.

Memiliki performa sepeda motor yang baik merupakan keinginan setiap pengendaranya. Namun tidak sedikit yang kurang memperhatikan mengenai perawatan terhadap kendaraannya. Banyak yang beralasan kalau "belum ada penyakit, ya belum diobati". Hal ini merupakan pemikiran yang keliru karena sepeda motor juga sama seperti manusia yang butuh perawatan.

Hal sederhana dalam merawat sepeda motor adalah dengan mengganti oli secara rutin. Biasanya oli pada sepeda motor perlu diganti setiap 2 bulan sekali atau 2.000 kilometer. Namun penggantian oli itu tidak akan sama untuk setiap pengendara. Semuanya tergantung dengan jarak yang ditempuh, semakin jauh jaraknya, maka semakin cepat juga perlu dilakukan penggantian oli. 

Untuk mengecek volume oli bisa dilakukan dengan menggunakan deepstick yang menjadi penutup oli pada mesin, jika kurang dari batas normal, sebaiknya diganti. Jika oli masih tergolong baru tapi volumenya sudah berkurang, dikhawatirkan telah terjadi kebocoran oli mesin.

Gambar by updatecaracek.blogspot.com
Selain itu, mengecek kapan harus ganti oli bisa juga dengan menggunakan perasaan si pengendaranya. Biasanya itu ditandai dengan ketika sepeda motor sudah tidak nyaman lagi saat dikendarai. Contohnya suara mesin yang kasar, berisik, tak bertenaga, oper gigi keras, dan mesin cepat panas.

Seperti yang diketahui, oli merupakan cairan pelumas yang befungsi untuk melindungi komponen-komponen pada mesin agar tidak cepat aus saat bergesekan seminimal mungkin. Oli juga berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja mesin agar berjalan dengan mulus dan juga untuk mendinginkan mesin.

Selain itu oli juga sebagai perapat celah antara piston dengan silinder. Oli juga sebagai peredam getaran dan suara bisinghasil benturan piston, batang piston, dan poros engkol. Fungsi oli berikutnya adalah sebagai pembersih kotoran hasil gesekan antar komponen mesin. Lalu sebagai anti karat yang melapisi bagian logam untuk menghindari kontak langsung dengan udara atau air.

Begitu pentingnya oli bagi kendaraan, jadi lakukanlah pergantian oli secara rutin agar kinerja mesin sepeda motor tetap terjaga dengan baik. Sebaiknya jangan suka untuk gonta-ganti oli mesin, karena setiap oli memiliki kriteria yang berbeda sehingga dikhawatirkan malah akan merusak mesin jika sering gonta-ganti oli mesin.

Sebaiknya tanyakan dulu kepada yang ahli atau mekanik saat di bengkel mengenai oli yang cocok dengan sepeda motor Anda. Gunakanlah oli sepeda motor yang sudah terkenal di pasaran dan jangan menggunakan oli motor yang abal-abal. Selamat berkendara!

Sumber : ridergalau.com

Tag : ganti oli sepeda motor, ganti oli sepeda motor secara berkala, waktu untuk mengganti oli sepeda motor, tanda-tanda oli sepeda motor harus diganti, kapan harus mengganti oli sepeda motor, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019