Selasa, 05 September 2017

Selain Makanan, Ini Penyebab Lain Karies Gigi Pada Anak

Pentingnya orang tua mengetahu penyebab karies pada gigi anak (Ilustrasi gambar by vemale.com)
IndoNewz.com - Memiliki gigi yang sehat merupakan keinginan setiap orang.Gigi merupakan salah satu bagian dalam proses pencernaan makanan. Gigi berfungsi memotong dan menghaluskan makanan sebelum masuk ke lambung. Menjaga kesehatan dan kebersihan gigi sangatlah penting agar gigi terhindar dari beberapa penyakit, seperti karies atau gigi berlubang. Pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan gigi sebaiknya dimulai sejak usia dini.

Karies atau gigi berlubang sangat rentan terjadi pada anak-anak. Hal ini disebabkan karena kebiasaan anak-anak yang suka mengonsumsi makanan-makanan manis, seperti permen, kue, susu, dan lainnya. Ditambah lagi dengan kebiasaan anak yang jarang menggosok gigi, membuat gigi anak rentan terhadap karies.

Karies gigi pada anak merupakan gangguan kesehatan yang cukup serius, jadi orang tua tidak boleh menganggap sepele hal ini. Karies pada gigi anak tentunya menimbulkan rasa sakit dan membuat tidak nyaman anak-anak. Selain faktor makanan, penyebab karies pada gigi anak bisa disebabkan oleh faktor yang lainnya.

Berikut adalah faktor yang dapat menyebabkan gigi berlubang pada anak :

1. Faktor bentuk gigi

Bentuk gigi pada anak ternyata salah satu penyebab munculnya karies gigi pada anak. Ukuran dan bentuk gigi memiliki peranan penting dalam perkembangan karies gigi. Hal ini yang menyebabkan sisa-sisa makanan lebih mudah terperangkap dan menumpuk di bagian belakang gigi. Bagian gigi yang rentan terjadi penumpukan sisa makanan yaitu gigi geraham dan gigi belakang.

2. Jumlah saliva

Ludah atau saliva adalah salah satu sistem pertahanan dari mulut. Fungsinya yaitu untuk membersihkan sisa-sisa makanan dan bakteri yang terdapat pada gigi. Selain itu, saliva akan membantu melawan produksi asam serta sisa makanan yang banyak menumpuk di gigi. Jika kadar saliva semakin sedikit maka kemungkinan rentan terkena karies gigi.

3. Faktor waktu

Karies gigi merupakan suatu gangguan pada gigi yang membutuhkan waktu cukup lama sehingga akhirnya gigi berlubang. Nah, karies rampan adalah salah satu gangguan pada gigi dengan tingkat perkembangan yang cukup cepat.

4. Faktor mikroorganisme

Mikroorganisme tentunya salah satu penyebab timbulnya karies gigi. Mikroorganisme tersebut yaitu Streptococcus sobrinus dan Streptococcus mutas. Mikroorganisme ini pathogen dan menghasilkan asam perusak gigi.

5. Perilaku membersihkan gigi

Kebiasaan jarang sikat gigi menjadi penyebab yang paling fatal terhadap munculnya karies gigi. Maka dari itu biasakan agar anak mau untuk menggosok gigi 2 kali sehari yaitu setelah sarapan pagi dan sebelum tidur.

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya gigi berlubang pada anak. Sebagai orang tua, sangatlah penting untuk mengetahui hal tersebut agar karies pada anak bisa dicegah dan untuk menghindari karies yang semakin parah nantiya.

Sumber : solusisehatku.com

Tag : apa itu karies gigi pada anak, penyebab karies gigi pada anak, faktor penyebab karies gigi pada anak, cara mencegah karies gigi pada anak, cara menghindari karies gigi pada anak, pentingnya menjaga kesehatan gigi, pentingnya menjaga kebersihan gigi, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019