Sabtu, 09 September 2017

Daftar Makanan dan Minuman Yang Harus Dihindari Sebelum Nge-Gym

Ilustrasi seorang wanita yang sedang latihan di gym (Foto by spirit.web.id)
IndoNewz.com - Weekend merupakan saat yang paling tepat untuk melepaskan penat setelah rutinitas padat di hari-hari sebelumnya. Saat weekend seperti ini memang paling pas bila digunakan untuk berolahraga. Bagi yang merasa tubuhnya kurang oke, biasanya mereka akan pergi ke pusat kebugaran atau gym untuk membentuk tubuh seperti yang diinginkan.

Sebelum pergi ke gym, biasanya mereka akan makan dan minum dulu agar mendapatkan energi saat sedang latihan. Namun ada baiknya, Anda tidak asal makan dan minum secara sembarangan. Anda harus memilih makanan dan minuman yang tepat sebelum pergi nge-gym. Karena bila Anda salah makan dan minum, yang ada malah mengganggu Anda saat latihan.

Berikut adalah makanan dan minuman yang dilarang sebelum Anda pergi nge-gym :

1. Fast food
Disebut juga dengan junk food yang mengandung lemak yang sangat tinggi dan memerlukan waktu setidaknya empat jam untuk bisa dicerna sepenuhnya.

2. Susu
Susu low fat sekalipun juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum ngegym karena akan memperlambat kerja tubuh selama berolahraga. Susu juga membutuhkan waktu yang lama untuk bisa dicerna.

3. Gula
Manis dari gula hanya dapat memberikan energi sementara waktu, sehingga tidak bisa memberikan energi untuk waktu yang lama atau selama Anda olahraga.

4. Telur
Protein dari telur akan tinggal di dalam perut untuk waktu yang lama sampai bisa dicerna sehingga akan memberatkan tubuh Anda selama berolahraga.

5. Makanan pedas dan berempah
Makanan pedas dan berempah bisa membuat perut Anda mulas dan kerongkongan serasa terbakar yang dapat menghambat Anda berolahraga.

6. Pisang hijau
Pisang hijau memiliki kecendrungan belum matang sepenuhnya sehingga kandungan gula yang ada di dalamnya akan sulit dicerna oleh tubuh. Selain itu bisa juga menyebabkan Anda sakit perut dan akhirnya mengganggu kegiatan olahraganya.

7. Minuman beralkohol
Alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan bisa mengganggu keseimbangan tubuh. Alkohol juga dapat meningkatkan resiko peradangan yang membuat tubuh rentan untuk cedera dan sulit untuk memulihkan diri setelah olaharaga.

8. Soda
Kandungan gula yang tinggi pada soda bisa membuat gula darah tidak stabil. Karbonasi yang terdapat pada soda juga bisa membuat perut sakit, kembung, dan meningkatkan produksi gas. Soda akan membuat tubuh lebih cepat untuk dehidrasi.

9. Jus buah kemasan
Jus buah atau minuman sari buah dalam kemasan biasanya mengandung fruktosa yang dapat membuat gula darah naik turun secara drastis sehingga tubuh merasa tidak bertenaga sama sekali.

10. Protein bar
Jika kandungan protein bar lebih dari 200 kalori, menurut penelitian itu sama saja dengan mengonsumsi sebatang permen cokelat. Jika protein kurang dari 10 gram, gula darah akan lebih cepat turun dan membuat tubuh lelah. Protein bar yang baik memiliki kandungan kalori tidak lebih dari 200 kcal dengan rasio perbandingan protein dan gula 1:1.

11. Kopi krim
Kopi yang sudah dicampur dengan krimer atau susu dapat meningkatkan resiko untuk sakit perut. Produk yang mengandung susu biasanya akan sulit untuk dicerna dan bagi orang yang intoleransi dengan laktosa dapat menyebabkan mencret.

Sumber : hellosehat.com

Tag : nge gym, makanan yang dihindari sebelum nge gym, minuman yang dihindari sebelum nge gym, makanan dan minuman yang dihindari sebelum nge gym, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019