Rabu, 06 September 2017

5 Bahaya Asap Rokok Bagi Perokok Pasif Yang Wajib Diketahui

Salah satu iklan kampanye anti rokok (Gambar by ririekhayan.com)
IndoNewz.com - Kebiasaan seseorang untuk merokok seakan sudah dianggap menjadi gaya hidup modern saat ini. Padahal dalam kemasan rokok itu sendiri sudah disebutkan berbagai bahaya yang akan ditimbulkan dari merokok. Zat-zat yang terkandung dalam rokok itu sendiri bukanlah zat-zat yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Begitu bahayanya dampak merokok bagi kesehatan hingga mengakibatkan kematian. Rokok bukan hanya sebagai sumber penyakit, tapi sekaligus menjadi pembunuh. Untuk itu, pemerintah dan masyarakat selalu melakukan kampanye anti rokok di berbagai media agar tingkat kesadaran perokok bertambah dan bisa mengurangi kebiasaan merokoknya.

Rokok bukan hanya berbahaya bagi perokok aktif saja, namun bagi perokok pasif pun juga akan mengalami dampak yang sama. Data pada tahun 2010 pun mencatat ada lebih dari 600.000 orang perokok pasif yang meninggal dunia. Perokok pasif pun memiliki resiko tiga kali lebih besar dari pada perokok aktif.

Ketika asap rokok dihembuskan oleh perokoknya, asap itu tidak hilang begitu saja, melainkan dapat bertahan di udara selama dua hingga tiga jam. Asap rokok yang tidak sengaja terhirup itu dapat berakibat buruk pada dinding pembuluh darah dan membuat darah lebih mudah untuk menggumpal. Meskipun hanya sedikit saja asap rokok yang terhirup, tetap saja ada zat kimia yang sudah masuk ke dalam tubuh yang berbahaya bagi kesehatan.

Berikut ini adalah penyakit atau dampak buruk bagi perokok pasif yang tidak sengaja menghirup asap rokok :

1. Kematian dini

Rokok mengandung zat kimia yang berbahaya, sekali seseorang menghisap dan mengeluarkan asapnya, zat kimia itu akan terpecah dan membahayakan. Perokok pasif pun berisiko terkena penyakit sampai kematian.

2. Gangguan pernapasan

Perokok pasif terutama yang memiliki asma akan berisiko memperparah asmanya, selain itu perokok pasif pun bisa sulit bernapas, batuk berkepanjangan sampai alergi.

3. Kanker paru-paru

Perokok pasif berisiko terkena kanker paru-paru. Terutama jika tinggal dengan perokok aktif.

4. Berdampak bagi sistem imun anak

Sistim imun anak yang masih lemah ketika terpapar asap rokok dapat berisiko terhadap berbagai macam penyakit, mulai dari pertumbuhan paru-paru yang melambat, asma, radang saluran pernapasan, infeksi telinga, pneumonia dan batuk berkepanjangan.

5. Bayi meninggal mendadak

Jika bayi atau anak kecil menjadi perokok pasif mereka berisiko mengalami sindrom meninggal mendadak.

Bagi perokok aktif, sadarlah bahwa ada orang-orang disekitar Anda yang memiliki hak untuk tidak menghirup asap rokok. Matikanlah rokok jika sedang berkumpul dengan orang-orang terdekat Anda. Sedikit atau banyak asap rokok yang terhirup dapat memicu timbulnya masalah kesehatan untuk mereka.

Sumber : viva.co.id

Tag : perokok aktif, perokok pasif, bahaya merokok, dampak asap rokok bagi kesehatan, perokok pasif beresiko lebih besar daripada perokok aktif, dampak buruk perokok pasif, penyakit yang bisa dialami perokok pasif, perokok pasif berhak untuk hidup sehat,kampanye anti rokok, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019