Selasa, 19 September 2017

Doodle Google Hari Ini Mengenang 100 Tahun Kelahiran Amalia Hernandez

Amalia Hernandez koreografer asal Meksiko yang menjadi doodle google pada Selasa (19/9/2017) (Foto by legaleraindonesia.com)
IndoNewz.com - Ada hal yang menarik ketika kita membuka laman google pada Selasa (19/9/2017). Laman google dihiasi dengan ilustrasi para penari yang sedang menari dengan pakaiannya yang berwarna-warni. Ternyata doodle google yang dimaksud sengaja dibuat untuk mengenang hari kelahiran Amalia Hernandez yang kini berusia 100 tahun.

Doodle Google peringatan 100 tahun kelahiran Amalia Hernandez (Gambar by heavy.com)
Amalia Hernandez lahir pada tanggal 19 September 1917 silam. Ia merupakan seorang koreografer balet asal Meksiko yang terkenal sebagai pencipta kelompok penari balet Folklorico de Mexico. Jenis tarian yang dibawakannya adalah ensembel yang khas dan dianggap mewakili nilai-nilai tradisi di Meksiko untuk dibagikan kepada dunia.

Awal mulanya Amalia Hernandez menjadi seorang koreografer di Institut Seni Rupa Seni dan mengajar tarian modern. Lambat laun dirinya mulai tertarik dengan tarian tradisional rakyat Meksiko. Ia kemudian menggabungkan tarian tradisional dengan gerakan koregrafer yang lebih dari pelatihan formal. Ia membantu menciptakan gaya tarian yang baru yang dikenal dengan baile folklorico.

Kelompok Ballet Folklorico de Mexico sendiri diciptakan oleh Amalia Hernandez pada 1952 dan hanya beranggotakan delapan orang penari. Kemudian anggota kelompok ini mulai bertambah menjadi lebih dari 300 penari. Kelompok penari tersebut pertama kali menampilkan tariannya di televisi pada 1954. Setelahnya, mereka rutin tampil dalam siaran mingguan.

Penampilan itu membuat mereka semakin populer hingga ke mancanegara. Mereka pun melakukan tur pertunjukkan hingga ke Amerika Utara dan bahkan mewakili Meksiko dalam Pan American Games di tahun 1959.

Ballet Folklorico de Mexico masih aktif hingga sekarang. Sejak tahun pendiriannya, kelompok ini telah menari di hadapan lebih dari 22 juta orang. Amalia Hernandez sendiri terus terlibat dalam pengelolaan kelompok tersebut, hingga meninggal pada tahun 2000.

Sumber : tekno.kompas.com

Tag : doodle google hari ini, doodle google amalia hernandez, doodle google ballet folklorico de mexico, siapa itu amalia hernandez, koreografer amalia hernandez, mengenang 100 tahun kelahiran amalia hernandez,  indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Peduli dan Berbagi