Senin, 11 September 2017

Cek Dulu Tanggal Kadaluarsa Air Mineral Kemasan Sebelum Membeli

Perhatikan tanggal kadaluarsan saat membeli air mineral dalam kemasan (Gambar by langitsatu.com)
IndoNewz.com - Agar makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh terjaga kesegarannya, maka penting bagi konsumen untuk mengecek tanggal kadaluarsa dalam kemasan makanan dan minuman yang akan dibeli. Makanan dan minuman yang sudah melewati tanggal kadaluarsanya, tidak baik untuk dikonsumsi karena bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Makanan dan minuman yang sudah melewati tanggal kadaluarsa, manfaat yang terkandung di dalamnya akan berkurang. Hal ini pun juga berlaku untuk air mineral dalam kemasan. Air mineral dalam kemasan pun juga memiliki tanggal kadaluarsa. Meski faktanya air mineral tidak akan kadaluarsa, namun kemasan yang membungkusnya seperti gelas atau botol plastiklah yang memiliki tanggal kadaluarsa.

Menurut Live Science, botol atau gelas plastik dapat mengalami kebocoran bahan kimia ke dalam air dan mempengaruhi keseluruhan rasa. Kebocoran itu bisa terjadi karena botol atau gelas plastik sudah lewat tanggal kadaluarsanya, botol atau gelas plastik rusak, terjemur dibawah sinar matahari langsung, atau diisi dengan air panas.

Salah satu bahan kimia berbahaya dalam botol plastik ialah Bisphenol A (BPA). Menurut FDA (Food and Drug Administration), BPA sangat sulit untuk dihindari. Sebab BPA bisa saja masuk ke dalam tubuh jika wadah plastik, seperti botol atau gelas dipanaskan, tergores, rusak, atau melewati tanggal kadaluarsanya.

BPA juga dianggap berbahaya, karena keberadaannya bisa mengganggu fungsi endokrin. Endokrin memiliki peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tubuh, metabolisme, pengaturan suasana hati, dan juga berkaitan dengan fungsi seksual dan reproduksi.

Menurut FDA, saat ini kandungan BPA yang terdapat dalam kemasan makanan atau minuman dianggap tidak membahayakan kesehatan orang dewasa, namun tetap bisa menimbulkan masalah yang serius bagi anak-anak maupun bayi. BPA dikhawatirkan bisa mengganggu sistem hormon yang mengganggu kesehatan fisik, tumbuh kembang, bahkan berpotensi memicu sikap agresif maupun resah pada bayi.

Meskipun tidak ada masalah kesehatan yang berbahaya saat sesekali minum air mineral tidak segar, tak ada salahnya untuk menghindari air mineral yang memiliki bau atau rasa yang aneh, terutama saat memberikannya untuk anak-anak usia dini. Kesehatan tetap menjadi prioritas utama, jadi konsumen harus memastikan bahwa makanan atau minuman kemasan yang dibelinya masih segar dan belum melewati tanggal kadaluarsa.

Sumber : lifestyle.kompas.com

Tag : makanan dan minuman kemasan, tanggal kadaluarsa makanan dan minuman kemasan, perhatikan tanggal kadaluarsa sebelum membeli makanan dan minuman kemasan, tanggal kadaluarsa makanan kemasan, tanggal kadaluarsa minuman kemasan, tanggal kadaluarsa air mineral dalam kemasan, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Peduli dan Berbagi