Senin, 31 Juli 2017

Inilah Durasi Tidur Yang Baik dan Ideal Berdasarkan Usia

Ilustrasi orang sedang tidur (Gambar by hellosehat.com)
IndoNewz.com - Tidur merupakan kebutuhan dasar pada manusia layaknya makan. Setiap harinya kebutuhan akan tidur harus terpenuhi dengan baik. Tidur adalah salah satu cara bagi tubuh untuk melepas rasa lelah setelah beraktivitas seharian.

Kebutuhan tidur yang cukup untuk setiap orang berbeda-beda. Durasi tidur yang baik ternyata ditentukan oleh tingkatan usia mereka. Berikut adalah rekomendasi durasi tidur tergantung dengan usia masing-masing :

1. Bayi baru lahir usia 0 - 3 bulan : durasi tidur 14 - 17 jam sehari.
2. Bayi usia 4 - 11 bulan : durasi tidur 12 - 15 jam sehari.
3. Batita usia 1 - 2 tahun : durasi tidur 11 - 14 jam sehari.
4. Balita usia 3 - 5 tahun : durasi tidur 10 - 13 jam sehari.
5. Anak-anak usia 6 - 13 tahun : durasi tidur 9 - 11 jam sehari.
6. Remaja usia 14 - 17 tahun : durasi tidur 8 - 10 jam sehari.
7. Remaja usia 18 - 25 tahun : durasi tidur 7 - 9 jam sehari.
8. Dewasa usia 26 - 64 tahun : durasi tidur 7 - 9 jam sehari.
9. Lansia usia 65 ke atas : durasi tidur 7 - 8 jam sehari.

Kebutuhan tidur yang cukup sangat diperlukan oleh segala usia. Misalnya saja anak-anak, mereka butuh tidur yang cukup untuk mendorong pertumbuhannya dan tetap menjaga konsentrasinya di sekolah. Sedangkan untuk orang dewasa, tidur akan bisa mengistirahatkan tubuh dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak setelah melakukan aktvitas seharian.

Durasi tidur yang dilakukan setiap harinya sangat penting dan berpengaruh pada kesehatan karena ketika tubuh kurang tidur meskipun hanya satu malam, maka hormon dalam tubuh akan terganggu,seperti  hormon yang mengatur fungsi nafsu makan yang akan terganggu. Selain itu, efek negatif kurang tidur juga salah satunya bisa membut seseorang menjadi lebih gemuk.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di European Heart Journal pada tahun 2011, menunjukan bahwa orang yang kurang waktu tidurnya memiliki resiko sekitar 48% terserang penyakit jantung koroner dalam rentang waktu 7 sampai 25 tahun. Selain itu, 15% resiko  serangan stroke dalam rentang waktu yang sama.

Penelitian yang sama juga menunjukan bila terlalu banyak tidur dapat beresiko lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner dan 65% lebih tinggi terkena serangan stroke. Jika kebutuhan tidur Anda kurang dari waktu yang ditentukan, artinya Anda memiliki hutang tidur.

Hutang tidur bisa dibayar di malam-malam berikutnya, namun efek yang ditimbulkan dari kurang tdur akan sulit untuk diperbaiki. Oleh karena itu, Anda harus menjaga dan mencukupi waktu tidur yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya agar kualitas kesehatan tubuh bisa ditingkatkan.

Sumber : hariansehat.com

Tag : durasi tidur yang baik, durasi tidur yang ideal, durasi tidur yang dianjurkan, durasi tidur yang bermanfaat, durasi tidur berdasarkan usia, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019