Jumat, 28 Juli 2017

3 Cara Mudah Hadapi Cyberbullying di Sosial Media

Ilustrasi dari cyberbullying (Gambar by kompasiana.com)
IndoNewz.com - Begitu banyak kemudahan yang diberikan oleh sosial media, seperti kemudahan dalam mengakses fitur-fitur yang terdapat di dalamnya. Tidak heran kalau setiap harinya selalu ada ribuan akun baru pengguna sosial media. Seperti mata uang yang memiliki dua sisi, sosial media pun juga mendatangkan sisi negatifnya.

Sisi negatif dari sosial media adalah membuat penggunanya semakin ketagihan dan lupa waktu. Sosial media sudah menjadi kebutuhan sehari-hari yang harus terpenuhi. Setiap aktivitas yang dilakukan harus diketahui oleh pengikutnya atau 'follower'. Selain itu sisi negatif dari sosial media adalah bullying.

Bullying yang terjadi lewat sosial media dinamakan dengan cyberbullying. Dimana si pelaku bullying menyatakan rasa tidak sukanya dengan mengirimkan komentar-komentar yang bersifat rasis, negatif, dan mengejek di akun sosial media korbannya. Pelaku bullying tidak segan-segan untuk meretas akun sosial media korbannya agar hasratnya terpenuhi.

Meskipun cyberbullying tidak terjadi di dunia nyata, namun dampak yang ditimbulkan dapat mengganggu mental dan psikologis korbannya. Korban cyberbullying jadi merasa tidak nyaman lagi ketika sedang menggunakan sosial media. Jika tindakan pelaku bullying sudah keterlaluan dan melewati batas, korban bullying tidak boleh tinggal diam dan harus mengambil tindakan segera.

Untuk melawan pelaku cyber bullying, ada trik yang bisa dilakukan seperti berikut ini :

1. Jangan respons

Kamu harus bersikap tenang dan santai saat si pelaku bullying mengirimkan komentar-komentar pedas, menghina, mencela, dan rasis kepada kamu. Yang harus kamu lakukan adalah tidak merespon komentar-komentar tersebut. Jika kamu merespon, maka si pelaku akan semakin tertarik untuk terus melakukan bullying kepada kamu.

2. Jangan balas dendam

Jika kamu membalas si pelaku bullying dengan cara yang sama, maka si pelaku bullying akan mencari teman baru untuk menghadapi balasan kamu. Nantinya orang yang akan membully kamu menjadi bertambah. Jadi anggap saja kalau komentar-komentar buruk itu hanya angin lalu.

3. Simpan bukti cyber bullying

Ini cara yang cukup efektif yang bisa kamu lakukan. Setiap kali si pelaku bullying mengirimkan komentar dan kiriman yang menyudutkan kamu, kamu hanya tinggal mengcapture kiriman-kiriman tersebut untuk dijadikan bahan bukti saat kamu melapor ke pihak yang berwajib.

Itulah tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk melawan cyber bullying. Jangan biarkan pelaku bullying melakukan ini kepada kamu atau kepada yang lainnya. Apapun namanya, bullying tetaplah tindakan yang tidak terpuji dan harus dilawan agar generasi berikutnya bisa terselamatkan.

Sumber : tekno.liputan6.com

Tag : sosial media, bulying lewat sosial media, apa itu cyber bullying, pengertian cyber bullying, cara melawan cyber bullying, cara menghadapi cyber bullying, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019