Jumat, 21 Juli 2017

Pemeriksaan Dahak Sebagai Langkah Awal Penanganan Tuberkulosis

Waspada Tuberkulosis (Gambar by dunia-sehat.com)
IndoNewz.com - Berdasarkan hasil survei di tahun 2010, jumlah penderita Tuberkulosis (TB) di Indonesia sebanyak 289 dari 100.000 penduduk. Bahkan Indonesia menduduki peringkat ke-5 negara dengan penderita tuberkulosis terbanyak di dunia.

Tuberkulosis atau TB atau TBC dulu disebutnya merupakan penyakit yang disebabkan oleh kuman Mycrobacterium Tuberculosis yang dapat menyebabkan kerusakan paru-paru, batuk, sesak napas, bahkan dapat menyebar ke bagian tulang, otak, dan organ lainnya. Jika dibiarkan saja tanpa adanya penanganan dari dokter, tuberkulosis dapat menyebabkan kematian.

Sebagai tindak pengobatan yang cepat, pemeriksaan dahak sangatlah berperan penting. Pemeriksaan kuman TB yang terbaik adalah melalui pemeriksaan dahak. Pemeriksaan dahak dilakukan sebanyak 3 kali selama 2 hari. Gunakanlah teknik SPS dalam melakukan pemeriksaan dahak, yakni sebagai berikut :

-S : Sewaktu datang ke puskesmas pertama kali (hari pertama).
-P : Pagi hari setelah bangun keesokan harinya (hari kedua).
-S : Sewaktu datang lagi ke puskesmas pada saat mengantar dahak (hari kedua).

Agar bisa mengeluarkan dahak, ada tips yang dapat dilakukan. Caranya adalah tarik nafas yang panjang kemudian dibatukkan atau dikeluarkan dahaknya. Minum air yang banyak pada malam hari sebelum keesokan harinya mengeluarkan dahak.

Untuk penyakit TB sendiri, gejala utamanya adalah batuk berdahak terus-menerus selama lebih dari dua minggu. Sedangkan untuk gejala tambahannya meliputi, batuk bercampur darah, sesak nafas dan nyeri pada bagian dada, nafsu makan menurun, berat badan menurun, demam meriang berkepanjangan, serta berkeringat di malam hari walaupun tidak melakukan kegiatan apapun.

Penyebaran TB bisa terjadi melalui udara dalam bentuk droplet saat si penderita sedang batuk atau bersin. Droplet yang jumlahnya sangat kecil ini kemudian akan mengering dengan sangat cepat dan bisa berubah menjadi droplet yang mengandung kuman tuberkulosis.

Droplet yang mengandung kuman tuberkulosis akan terhirup oleh orang lain. Jika kuman ini menetap dan tinggal di dalam paru-paru, maka kuman akan membelah diri dan menyebabkan terjadinya infeksi dari satu orang ke orang lain.

Sumber : tuberkulosis.org

Tag : tuberkulosis, apa itu tb, apa itu tbc, pemeriksaan dahak penderita tb, gejala utama tb, gejala tambahan tb, penyebaran virus tb, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019