Rabu, 26 Juli 2017

Waspadai Narkoba Flakka Yang Bisa Membuatmu Jadi 'Zombie'!

Ilustrasi narkoba jenis baru flakka (Gambar by manadopostonline.com)
IndoNewz.com - Baru-baru ini telah ditemukan jenis narkoba baru yang dipercaya memiliki potensi melebihi heroin dan morfin. Narkoba jenis ini disebut dengan Flakka atau Narkoba 'Zombie'. Disebut seperti itu karena efek samping yang ditimbulkan membuat pemakainya beperilaku layaknya zombie atau 'mayat' berjalan. Jika narkoba flakka ini dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang, dapat menyebabkan kematian.

Flakka sendiri memiliki zat aktif berupa fentanyl derifat, yang memiliki potensi 10.000 kali lebih kuat dibanding morfin dan 100 kali lebih kuat dibanding heroin. Selain itu di dalam flakka juga terkandung senyawa kimia MDPV (Methylenedioxypyrovalerone).

Pada mulanya flakka diproduksi sebagai obat sintetis di tahun 2012 lalu. Sampai akhirnya penggunaan obat ini dilarang karena para dokter menemukan zat yang berbahaya terkandung di dalamnya. Kemudian para dokter meningkatkan level flakka yang semula adalah obat sintetis menjadi narkoba paling berbahaya.

Senyawa pada flakka meninggalkan efek yang lebih tahan lama pada otak. Senyawa kimia berbahaya itu dapat menyebabkan penggunanya berada dalam fase ilusi akut. Senyawa tersebut merangsang bagian otak yang mengatur hormon dopamin, serotonin, dan mood.

Lebih lanjut Ketua Umum DPP Granat (Gerakan Nasional Anti Narkotika), Henry Yosodiningrat mengatatakan kalau efek sakau yang ditimbulkan oleh flakka hanya berlangsung beberapa jam saja, namun dapat terjadi secara permanen pada otak. Bahkan flakka ini tidak hanya tinggal di otak, tapi bisa menghancurkan otak karena akan 'berkeliaran' lebih lama dari kokain.

Di Indonesia sendiri, zat yang terkandung dalam flakka saat ini tengah diteliti oleh BNN, Labfor Polri, BP POM, UI dan ITB. Kemudian pada 15-16 Mei 2017 lalu, zat pada flakka juga telah diajukan ke Kementerian Kesehatan dan dimasukkan sebagai Golongan I dalam lampiran UU Narkotika.

Henry juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk waspada terhadap masuknya narkoba flakka ini di Indonesia. Jika menemukan narkoba zombie ini, harap segera melaporkan kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kabareskrim Polri, dan Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri.

Sumber : news.detik.com

Tag : apa itu flakka, narkoba jenis baru flakka, flakka narkoba zombie, bahaya narkoba flakka bagi otak, narkoba flakka merusak otak, narkoba flakka dapat menghancurkan otak, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Peduli dan Berbagi