Rabu, 26 Juli 2017

Setu Babakan Siap Jadi Tuan Rumah Lebaran Betawi 2017

Kegiatan pagelaran budaya Betawi di Setu Babakan (Foto by blog.reservasi.com)
IndoNewz.com - Pemerintah Provinsi kembali menyelenggarakan Lebaran Betawi pada tanggal 28 - 30 Juli 2017. Lebaran Betawi kali ini akan berpusat di Perkampungan Budaya Betawi, Setu Babakan, Jakarta Selatan. Lebaran Betawi sendiri merupakan acara tahunan sebagai ajang silaturahmi antar sesama warga Jakarta pasca lebaran Idul Fitri. Nantinya lima wilayah kota dan satu kabupaten administrasi akan memamerkan kekhasan setiap daerahnya.

Sebelumnya pelaksanaan Lebaran Betawi difokuskan di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Namun kali ini, Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saeful Hidayat ingin agar acara tersebut di lakukan di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan.

Alasan Pak Djarot memindahkan lokasi acara tahunan itu dikarenakan ingin menghemat biaya. Bila acara dilaksanakan di Lapangan Banteng, maka Pemprov akan mengeluarkan dana yang besar, khususnya untuk pembuatan ornamen-ornamen khas Betawi. Biasanya setelah acara usai, ornamen-ornamen itu tak akan terpakai lagi sehingga menjadi sia-sia dan pemborosan.

Alasan lainnya pemindahan lokasi acara adalah untuk mempromosikan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan agar diketahui, dikenal, dan terus berbenah supaya lebih baik lagi. Lebaran Betawi 2017 ini akan diisi berbagai hiburan dan kesenian Betawi. Mulai dari tradisinya, kuliner, tarian hingga perlombaan akan tersaji disana.

Rencananya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggandeng Badan Musyawarah (Bamus) Betawi sebagai panitia penyelenggara dan diikuti oleh lima wilayah kota dan satu kabupaten administrasi.

Agar pengunjung bisa datang ke Setu Babakan dengan mudah, Pemprov DKI Jakarta akan meminta PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) untuk menyediakan bus pengumpan (feeder) menuju lokasi. Bus Pengumpan nantinya dapat membantu pengunjung sehingga tidak memerlukan area parkir.

Dikarenakan area parkir di Set Babakan terbatas, maka kantong parkir akan dibagi. Pada masing-masing kantong parkir akan disediakan bus penghubung menuju lokasi dengan menggunakan bus sekolah.

Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta akan berupaya meminimalkan kemacetan dan memudahkan transportasi pada lokasi acara. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menerapkan manajemen sistem satu arah (SSA) yang berlaku pada tanggal 29 - 30 Juli 2017 pukul 06.00 - 18.00 pada ruas jalan Moh. Kahfi II.

Setiap warga yang ingin datang ke acara Lebaran Betawi di Setu Babakan bisa datang tanpa dipungut biaya alias gratis. Jadi buat kamu warga Jakarta jangan sampai ketinggalan acara Lebaran Betawi 2017.

Sumber : metro.tempo.co

Tag : gubernu dki jakarta, djarot saeful hidayat, perkampungan budaya betawi setu babakan, lebaran betawi, lebaran betawi di setu babakan, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019