Minggu, 23 Juli 2017

Cara Mudah dan Praktis Mengupas Bawang Agar Tidak Menangis

Menangis saat mengupas bawang (Foto by health.rakyatku.com)
IndoNewz.com - Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan kulinernya. Berbagai macam masakan khas tradisional akan selalu dicari bila kita sedang mengunjungi daerah tersebut. Cita rasa yang unik dan penampilan yang menggugah selera setiap orang yang memakannya.

Masakan khas Indonesia memang kaya sekali akan bumbu yang digunakan, khususnya rempah-rempah. Oleh sebab itu, setiap daerah memiliki kuliner yang khas dan berbeda-beda dengan daerah lainnya. Salah satu bahan masakan yang sering digunakan adalah bawang, baik bawang merah atau bawang putih dan juga bawang bombay.

Biasanya bawang merah dan putih sering digunakan sebagai bumbu yang dihaluskan. Ada juga yang hanya diiris-iris untuk penggunaannya. Bahkan terkadang, bawang juga digoreng sebagai pelengkap sajian makanan. Bawang juga sering digunakan sebagai bahan obat untuk menurunkan demam.

Namun ada satu hal yang kerap menjadi masalah saat sedang memasak bawang, yakni mata menjadi pedih bahkan cenderung untuk menangis. Hal itu disebabkan karena kandungan minyak atsiri pada bawang. Saat bawang sedang dikupas, minyak atsiri akan menguap ke udara karena titik penguapannya yang rendah. Itulah yang membuat mata terasa pedih saat sedang mengupas bawang.

Ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi pedih dimata saat sedang mengupas bawang. Berikut adalah cara-cara sederhana yang bisa dilakukan jika tidak ingin mata menangis saat sedang mengupas bawang.

1. Dinginkan bawang merah sebelum dipotong. Masukkan bawang merah ke dalam lemari es selama beberapa saat. Proses pendinginan ini akan memperlambat reaksi kimia yang dilepaskan saat bawang terpotong.

2. Rendam bawang utuh yang sudah dikupas ke dalam air es. Setelah beberapa saat, ambil bawang dari air es, kemudian iris seperti biasa.

3. Pastikan pisau yang digunakan untuk memotong adalah pisau yang tajam. Pisau tajam ini akan membantu mengurangi penguapan zat yang membuat Anda menangis. Ketika pisau tersebut tumpul, maka gesekan yang berlebihan akan memancing keluarnya zat yang memerihkan mata.

4. Gigitlah korek api untuk cegah air mata mengalir. Ambil beberapa batang korek api dan gigit saat sedang memotong bawang.

5. Mengunyah permen karet atau mengunyah makanan lain diklaim mampu mengurangi air mata yang mengalir. Dengan mengunyah permen karet, otot wajah khususnya di area mata akan bergerak dan 'menangkis' zat pemerih mata.

6. Manfaatkan air yang mengalir. Mengupas dan memotong bawang merah di bawah air mengalir akan menghilangkan zat pemerih mata di dalam bawang.

7. The National Onion Association mengungkapkan, produksi air mata ketika memotong bawang akan berkurang jika Anda memotong bagian atasnya lebih dulu baru mengupas kulit luar.

8. The National Onion Association juga menyarankan untuk membiarkan bagian akar bawang tetap utuh tak terpotong. Hal ini dikarenakan ujung akar dari bawang memiliki konsentrasi terbesar dari senyawa belerang, sehingga jika dipotong akan membuat mata pedih.

9. Adanya konsentrasi cuka di atas talenan juga dianggap bisa mengurangi air mata. Semprotkan sedikit larutan cuka ke talenan. Larutan cuka akan menghentikan reaksi belerang yang ada dalam bawang.

10. Gunakan bantuan kipas angin. Kipas angin ini akan membuat zat belerang menjauhi wajah dan mencegah Anda menangis saat memotong bawang.

Nah itulah cara-cara mudah dan sederhana untuk mengurangi pedih di mata saat sedang mengupas bawang. Semoga dengan cara-cara seperti yang dijelaskan diatas, mata tidak akan menangis lagi jika sedang mengupas bawang.

Sumber : cnnindonesia.com

Tag : mengupas bawang, menangis saat mengupas bawang, tips mudah mengurangi mata pedih saat mengupas bawang, cara sederhana agar mata tidak menangis saat mengupas bawang, cara simple agar mata tidak menangis saat mengupas bawang, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019