Minggu, 23 Juli 2017

5 Cara Mudah dan Bisa Dicoba Untuk Bersihkan Karat Pada Knalpot Sepeda Motor

Contoh knalpot sepeda motor yang berkarat (Foto by solopos.com)
IndoNewz.com - Tinggal di kota besar dengan segala permasalahannya yang rumit membuat kita harus bisa menyesuaikan diri. Jika tidak sanggup menghadapinya, maka pikiran akan mudah untuk stres. Disamping itu kota besar dengan penduduk yang padat membuat kita akan sulit melakukan mobilisasi dengan cepat. Kemacetan merupakan momok yang sangat ditakuti.

Untuk mengatasi kemacetan, banyak warga yang beralih menggunakan kendaraan pribadi, khususnya sepeda motor. Disamping sesuai dengan pola kehidupan di kota besar, menggunakan sepeda motor membuat mobilitas menjadi mudah. Kita bisa menghemat waktu untuk sampai ke tujuan sehingga sehingga sepeda motor menjadi primadona warga kota dengan tingkat kemacetan yang tinggi.

Namun perlu diingat, ada kalanya sepeda motor yang kita gunakan sehari-hari mengalami masalah. Untuk itu, sebagai pemilik kendaraan yang baik, kita wajib melakukan cek rutin sepeda motor ke bengkel minimal sebulan sekali. Bisa juga dua minggu sekali, tergantung pemakaiannya.

Salah satu bagian yang wajib diperhatikan adalah knalpot sepeda motor. Jika knalpot sudah mulai berkarat, entah itu pada bagian leher ataupun pipa knalpot, tentu hal ini akan berbahaya. Karat yang menempel pada knalpot, lama kelamaan akan menimbulkan keropos. Bila hal itu sudah terjadi, tentunya akan menimbulkan lubang pada knalpot.

Lubang yang timbul pada knalpot artinya knalpot sepeda motor sudah terjadi kebocoran yang menyebabkan bunyi knalpot menjadi berubah. Selain itu, aliran gas pembuangan pun menjadi tidak lancar dan sepeda motor pun menjadi kurang bertenaga.

Lalu apa sebenarnya yang dapat menimbulkan karat pada knalpot sepeda motor ? Ada banyak hal yang bisa menyebabkan knalpot sepeda motor berkarat. Namun pada umumnya, itu terjadi karena kesalahan pemilik sepeda motor yang rada malas.

Misalnya pemilik sepeda motor jarang untuk membersihkan debu dan kotoran pada daerah knalpot sehingga menjadi menumpuk dan menimbulkan kerak dan juga karat. Karat pada knalpot juga bisa terjadi saat knalpot air yang membasahi knalpot dibiarkan kering dengan sendirinya.

Berikut adalah cara-cara menghilangkan karat pada knalpot yang dapat dicoba :

1. Menggunakan oli bekas

Caranya adalah dengan mengoleskan oli secara merata pada bagian leher atau pipa knalpot. Hidupkan mesin motor dan biarkan beberapa menit hingga knalpot menjadi panas. Oli yang sudah dioleskan akan bereaksi dan melelehkan karat yang menempel pada knalpot. Selain itu, oli  bekas juga bisa digunakan untuk membersihkan bagian dalam pada knalpot. Caranya adalah masukan oli bekas ke dalam lubang knalpot secukupnya. Saat suhu knalpot panas, akan keluar asap dari dalam lubang knalpot. Hal ini wajar dan akan normal kembali dalam beberapa waktu.

2. Menggunakan stempet

Stempet atau grease atau yang lebih dikenal dengan istilah gemuk, merupakan bahan yang sering digunakan untuk melumasi part seped motor dan juga untuk mencegah karat. Caranya hampir sama dengan menggunakan oli bekas.

3. Menggunakan pertamax plus

Caranya adalah campurkan pertamax plus dengan minyak solar menggunakan perbandingan 1:2. Oleskan campuran itu ke bagian yang berkarat pada knalpot menggunakan sikat gigi bekas, kemudian sikatlah daerah yang berkarat tadi.

4. Menggunakan porstex

Porstex atau pembersih keramik bisa juga digunakan untuk menghilangkan karat pada knalpot. Bisa juga menggunakan pembersih keramik merek yang lain. Caranya adalah tuang cairan porstex pada wadah, lalu oleskan pada bagian knalpot yang berkarat. Setelah itu diamkan sejenak, kemudian gunakan sikat gigi untuk membersihkan karatnya. Berhati-hatilah dalam menggunakan cairan pembersih ini. Jangan sampai mengenai cat mesin blok motor karena dapat menimbulkan korosi.

5. Menggunakan pasta gigi

Untuk knalpot yang sudah dilapisi krom,  pasta gigi sangat cocok untuk membersihkan karat pada knalpot. Caranya adalah oleskan pasta gigi pada knalpot. Kemudian diamkan sejenak, setelahnya gosok menggunakan kain lap hingga bersih. Lakukan cara ini berulang kali hingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah itulah cara-cara yang umum dilakukan untuk membersihkan karat pada knalpot sepeda motor. Jika knalpot sepeda motor masih belum bersih juga, lakukan cara-cara itu berulang kali hingga mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

Sumber : jadibersih.com

Tag : knalpot sepeda motor, karat knalpot sepeda motor, cara membersihkan karat knalpot sepeda motor, tips menghilangkan karat knalpot sepeda motor, bahan penghilang karat knalpot sepeda motor, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019