Rabu, 04 Januari 2023

Viral Video Warga Buang Sampah Sekarung Di Sungai Dekat Pasar Cibinong



Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor meminta camat dan lurah mengatasi permasalahan pembuangan sampah di sungai dekat Pasar Cibinong yang viral di media sosial (medsos). Camat Cibinong Rusliandy mengatakan pihaknya telah bertemu dengan ketua RT setempat dan pengelola pasar.

"Kemarin kita sudah bertemu dengan RT di wilayah tersebut dan pengelola pasar untuk membahas hal tersebut," kata Rusliandy saat dimintai konfirmasi, Rabu (4/1/2023).

Hari ini rencananya akan digelar pertemuan kembali terkait masalah itu. Rusliandy mengatakan akan menyampaikan hasil pertemuan itu nanti.

"Hari ini kita undang para pihak untuk pembahasan di kelurahan. Nanti kami sampaikan ya (hasilnya)," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, sebuah video menampilkan seseorang membuang sampah di sungai dekat Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, viral di media sosial (medsos). Pria tersebut membawa karung yang berisi penuh sampah lalu membuangnya ke sungai.

Warga tersebut nampak membuang sampah dari atas jembatan. Terlihat sampah organik dibuangnya langsung ke sungai di bawah jembatan.

Dimintai konfirmasi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor Ade Yana Mulyana mengatakan seharusnya pihak desa dan kecamatan-lah yang melakukan pengawasan. Sebab, menurutnya, kewenangan petugas DLH ada pada pengawasan dan pengendalian.

"Kejadian itu kan ada di wilayah. Seyogianya yang melakukan pengawasan dan pengendalian, coba koordinasi dengan desa/lurah dan kecamatan. Anak buah saya kan hanya bagian pengawasan, pengendalian," kata Ade Yana saat dikonfirmasi detikcom, Senin (2/1).

Peran kecamatan dan kelurahan atau desa dibutuhkan dalam langkah antisipasi ke depan, termasuk memberikan efek jera kepada masyarakat.


Sumber : https://news.detik.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Peduli dan Berbagi