Rabu, 18 Januari 2023

Prediksi Cuaca Hari Ini Jakarta Hujan Pagi dan Siang


Rabu (18/1/2023), pagi sampai siang hari nanti di Jakarta diprediksi bakal turun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, kecuali Kepulauan Seribu.

Bahkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga menyampaikan peringatan waspada hujan petir di Jakarta Barat.

Tetapi pada malam hari nanti, cuaca seluruh langit Ibu Kota Jakarta diprakirakan cerah berawan.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat di wilayah Jakpus, Jaksel, Jakbar, dan Jaktim pada siang dan sore hari," papar BMKG.

Berbeda di wilayah penyangganya yaitu Bekasi, Jawa Barat, pagi hari ini diprediksi berawan, lalu hujan berintensitas ringan hingga sedang pada siang sampai malam hari nanti.

Namun di Depok dan Kota Bogor, Jawa Barat, sepanjang hari ini diprakirakan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada waktu siang/sore hari hingga malam hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Cianjur," jelas BMKG.

Tak jauh berbeda, Kota Tangerang, Banten, pagi dan malam nanti diprediksi berawan, namun siang hujan sedang.

Berikut informasi prakiraan cuaca untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

Kota Pagi Siang Malam
 Jakarta Barat Hujan Sedang Hujan Petir Cerah Berawan
 Jakarta Pusat  Hujan Ringan Hujan Ringan Cerah Berawan
 Jakarta Selatan  Hujan Ringan Hujan Sedang Cerah Berawan
 Jakarta Timur  Hujan Ringan Hujan Sedang Cerah Berawan
 Jakarta Utara  Hujan Sedang Hujan Ringan Cerah Berawan
 Kepulauan Seribu  Hujan Ringan Cerah Berawan Cerah Berawan
 Bekasi  Berawan Hujan Sedang Hujan Ringan
 Depok  Hujan Ringan Hujan Sedang Hujan Ringan
 Kota Bogor  Hujan Ringan Hujan Sedang Hujan Ringan
 Tangerang Berawan Hujan Sedang Berawan


 

BMKG: Waspada Potensi Banjir Rob Seiring Fase Bulan Baru

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai banjir pesisir (rob) yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia. Potensi ini muncul seiring fenomena fase bulan baru.

"Adanya fenomena super new moon atau fase bulan baru yang bersamaan dengan perigee (jarak terdekat /bulan ke bumi) pada 21 Januari 2023 berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo, Jakarta, seperti dilansir Antara, Selasa 17 Januari 2023.

Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, lanjut dia, banjir rob berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia, di antaranya pesisir Aceh, pesisir Sumatera Utara, dan pesisir Sumatera Barat.

Kemudian di pesisir Lampung, pesisir Kepulauan Riau, pesisir Bangka Belitung, pesisir utara DKI Jakarta.


Sumber : https://www.liputan6.com/news

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Peduli dan Berbagi