Minggu, 22 Januari 2023

Sandiaga Optimis Tahun Politik Buka Peluang Besar Lapangan Kerja

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menargetkan 4,4 juta lapangan kerja baru tercipta.

Ia menilai tahun politik menjadi peluang besar untuk mendobrak peningkatan ekonomi dan lapangan kerja.

Sandiaga mengatakan saat tahun politik belanja masyarakat sangat tinggi. Hal ini merupakan peluang besar.

"Berarti peluangnya sangat luar biasa bagi para pelaku ekonomi kreatif, terutama dari segi penyiapan kuliner, fashion, dan juga cenderamata, ini yang harus kita dorong dan di tahun politik ini justru biasanya belanja masyarakat justru meningkat, akan ada pesan baju, kaos," tutur Sandiaga usai menghadiri acara UMKM menuju korporasi di Kota Bandung, Sabtu (21/1/2023).

Tekait kaos kampanye, sambung Sandiaga, juga meminta agar kaos kampanye dibuat untuk tidak sekali pakai atau saat kegiatan di tahun politik.

"Bisa dipakai sehari-hari, jadi ini peluang yang baik dan juga ada makanan dan minuman akan meningkat, kemarin saya baru saja bicara dengan seorang pengusaha air minum dan kemasan, ordernya naik 20 persen baru diawal tahun," katanya.

Pelaku UMKM bisa berperan menyambut peluang tersebut. Di samping itu, Sandiaga mendorong agara UMKM bisa naik kelas. Ia mendorong agara UMKM bisa naik menjadi korporasi.

"Tadi berbagi kiat bagaimana usahanya bisa berkembang membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya. Targetnya pada 2024 ada 4,4 juta lapangan kerja," ucap Sandiaga.

Sementara itu, Sandiaga juga mengungkapkan tiga sektor usaha yang diyakini tetap stabil di tengah ancaman resesi. Sehingga, sambung dia, tiga sektor ini tak akan berpengaruh besar saat resesi.

"Ada tiga lini usaha, pertama digitalisasi itu di seluruh lini usahanya. Kedua, transformasi kesehatan kita bergerak dari rehabilitatif menuju promotif dan preventif, industri kebugaran," kata Sandiaga

Sandiaga mengatakan industri kebugaran bisa berkaca pada berakhirnya aturan PPKM. Industri yang ketiga, lanjut dia, adalah industri yang bergerak ke sustainability.

"Karena industri ini harus berdampak ke lingkungan. Memikirkan net zero emisi karbon kita," katanya.

Sandiaga menambahkan Bandung Raya merupakan kawasan yang digandrungi wisatawan. Bandung selalu bersaing dengan Jogjakarta.

"Dua daerah yang memuncaki dari segi pariwisata, yang didorong mayoritas wisatawan nusantara. Pergerakannya (wisatawan) dikali dua dari tahun lalu, 700 juta (tahun lalu), tahun ini 1,4 miliar," ucap Sandiaga.



Sumber (https://www.detik.com/jabar)

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Peduli dan Berbagi