Selasa, 17 Januari 2023

Pandawa Group, 5 Pemuda yang Viral Karena Bersihkan Sampah

 

Beberapa hari terakhir, nama Pandawara Group kerap kali diperbincangkan di media sosial karena konten yang memperlihatkan mereka suka membersihkan sampah di sejumlah lokasi.

Ya, Pandawara Group berisi lima orang pemuda yang terdiri dari Rafly Pasya (22), Agung Permana (22), Rifki Sa'dulah (22), Muchamad Ikhsan (21), dan Gilang Rahma (22).

Gilang mengatakan, Pandawara Group berdiri berdasarkan keresahan setiap anggota yang merupakan korban banjir hingga mengalami kerugian materil.

“(Membersihkan sampah) Awalnya memang kegiatan kami. Jadi, sebelum dikontenin, kami sudah melakukan kegiatan tersebut,” kata Gilang seperti dikutip Kompas.com dari kanal YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo pada Senin (16/1/2023).

“Karena memang kami kebetulan korban dari masalah sampah, yakni banjir. Banjir ini sampai masuk rumah kami di daerah Bandung Selatan, Jawa Barat," lanjutnya. Oleh karena itu, mereka mencari sebab dari permasalahan banjir tersebut.

Meski sampah sudah dibersihkan oleh mereka, Gilang mengatakan banjir di sana tetap datang karena kurangnya kesadaran dari masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya.

“Iya, yang ada di sekitaran lokasi rumah kami. Awalnya gitu. Karena banjirnya pun berulang kali, datang dari dulu mungkin. Itu masalah banjir enggak pernah beres sampai sekarang,” ucap Gilang.

“Tidak sama sekali (banjirnya berkurang). Sebanyak apa pun sampah yang kami bersihkan, mungkin, dalam waktu dekat enggak akan pernah beres kalau misalkan kesadaran dari masyarakat tetap kurang,” tuturnya lagi.

Di sisi lain, Gilang menjelaskan filosofi dari nama Pandawara Group.

“Pandawa-nya kami ambil dari kisah pewayangan Mahabarata. Karena berlima kan. Wara-nya itu kabar baik. Itu dari Bahasa Sunda. Jadi, artinya kayak 5 pemuda yang membawa kabar baik,” ucap Gilang.


Sumber : https://www.kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Peduli dan Berbagi